BIN Siap Rekrut 1.000 Anggota Baru

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso saat ini lembaganya masih menyiapkan perekrutan 1.000 anggota baru.

“Ya, ini masih dipersiapkan. Lembaga kita itu biayanya paling kecil. Sekarang kekuatan BIN 50 persen saja tidak ada. Makanya, 1000 anggota itu untuk menambal, terutama yang dalam negeri. Di luar negeri itu prioritas kedua bagi saya,” jelas Sutiyoso di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2015).

Lebih lanjut eks Ketum PKPI ini mengatakan, personil yang dibutuhkan dari berbagai kalangan seperti dari sipil, TNI, dan Kepolisian. Namun, karena TNI dan Kepolisian juga membutuhkan anggota intelijen untuk keperluan internal, maka ia akan lebih banyak menjaring anggota baru dari kalangan sipil.

“Tapi dengan standar, yang kita uji fisiknya harus bagus, lalu intelektualnya harus sarjana, lalu kesehatan dan lolos psikotes. Dan beberapa pertimbangan yang membuat dia cocok jadi Intelijen,” jelas politisi yang bisa disebut Bang Yos itu.

Pembukaan lowongan perekrutan anggota akan diumumkan akhir tahun ini. Prosesnya akan dimulai tahun depan karena anggaran perekrutan masuk ke dalam tahun anggaran tahun 2016.

Karena itu, tambahnya, pihaknya menggunakan semua sumber daya yang ada hingga ke BIN Daerah untuk pengamanan Pilkada serentak.