Inggris Akan Beli 9 Pesawat Pemburu Kapal Selam

Pesawat pemburu kapal selam P-8 Poseidon

Departemen Pertahanan Inggris telah mengajukan anggaran 2 milyar pounsterling untuk membeli pesawat pemburu kapal selam dari Amerika, P-8 Poseidon untuk Angkatan Udaranya.

Pembelian direncanakan akan mencapai sembilan P-8 Poseidon dan diharapkan mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Namun sumber mengatakan proyek telah ditangguhkan setelah menteri memutuskan pesawat itu terlalu mahal.

Sebagaimana dilaporkan The Sunday Times Inggris, langkah ini telah menimbulkan kekhawatiran empat kapal selam penangkal nuklir Inggris Vanguard dan kapal induk baru mereka yang seharga 6 milyar pounsterling tidak bisa dilindungi secara memadai.

Pensiunan pejabat senior RAF berpendapat awal tahun lalu bahwa penangkal nuklir Inggris dalam kondis rentan setelah rencana untuk memperbarui armada pesawat pemburu kapal selam Nimrod dibatalkan pada tahun 2010.

Tinjuan anggaran pertahanan akan diterbitkan akhir bulan ini dan diperkirakan akan mengumumkan pesawat yang digunakan untuk menggantikan Nimrod dengan Boeing P-8, yang mampu membawa torpedo dan rudal anti-kapal.