Taman Makam Perintis Kemerdekaan Jakarta

Ilustrasi

Pada 10 November 2015 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meresmikan Taman Makam Perintis Kemerdekaan di Tanah Kusir. Hal ini dilakukan untuk memberikan penghormatan atas pengorbanan masyarakat sipil yang turut berjuang meraih kemerdekaan Indonesia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan Pemprov DKI optimistis pembangunan Taman Makam Perintis Kemerdekaan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, dapat selesai sebelum Hari Pahlawan.

“Arealnya sudah ada di TPU Tanah Kusir. Kita sudah tentukan lokasinya dimana. Nah lokasi itu bisa untuk makam para pahlawan perintis kemerdekaan. Termasuk siap menampung makam yang di luar TPU Tanah Kusir,” kata Djarot di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (3/11).

Untuk pemindahan makam pahlawan perintis kemerdekaan yang berada di TPU diluar TPU Tanah Kusir, Pemprov DKI akan melakukan pendekatan dengan keluarga ahli waris untuk mendapat persetujuan. Sehingga semua makam para pahlawan perintis kemerdekaan dapat disatukan di TPU Tanah Kusir. Sama seperti pemusatan makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

“Kalau keluarga ahli warisnya bersedia, ya kita tampung. Sudah kita siapkan tempatnya. Kemarin kita sudah koordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Pemakaman. Kita juga akan koordinasi dengan organisasi perintis kemerdekaan,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Blitar ini menerangkan tujuan dibangunnya adalah untuk memberikan penghargaan bagi masyarakat sipil yang telah berjuang untuk Indonesia merdeka. Mereka memang tidak termasuk pahlawan karena tidak punya bintang gerilya, tetapi jasa mereka berjuang hingga membuat Indonesia terlepas dari penjajah patut diberikan apresiasi yang tinggi.

“Pahlawan perintis kemerdekaan adalah mereka yang berasal dari kalangan sipil. Mereka berjuang untuk Indonesia merdeka, tidak harus dari militer, masyarakat biasa yang tercatat perintis kemerdekaan bisa masuk ke Taman Makam Perintis Kemerdekaan,” jelasnya.

Di Jakarta sendiri, lanjutnya, banyak tersebar ratusan makam pahlawan perintis kemerdekaan. Seperti Bung Hatta dan Ali Sadikin, mantan Gubernur DKI Jakarta. Dari data sementara yang dimiliki, saat ini sekitar 120 makam para perintis kemerdekaan tersebar di berbagai pemakaman di DKI Jakarta. Sedangkan jumlah perintis yang masih hidup sebanyak 15 orang.

Rencananya, terhadap makam yang tersebar di berbagai pemakaman tersebut akan dipindah ke satu lokasi di TPU Tanah Kusir. Namun, untuk melakukan pemindahan pihak Pemprov DKI Jakarta harus meminta persetujuan dari ahli waris terlebih dahulu.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan, Siti Hasni mengatakan posisi makam pahlawan tersebut berada pada posisi Tanah Kusir sisi selatan dengan luas lahan berkisar 1.100 meter persegi yang terdiri dari 308 petak makam. Sedangkan y?ang sudah ditempati ada 136 petak makam. Sisanya, yang masih kosong ada 169 petak makam untuk para pahlawan perintis kemerdekaan.

“Kami telah menyosialisasikan ahli waris pahlawan perintis kemerdekaan untuk pemindahan makam tersebut,” ujarnya.

Rencananya, peresmian pencanangan Taman Makam Perintis Kemerdekaan akan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.