10 Hal Tentang A-10 Warthog Yang Jarang Diketahui

A-10 Warthog, pesawat yang mirip dengan tank terbang, sangat sederhana tapi dilengkapi senjata gutling gun raksasa mematikan. Dengan proyektil amunisi full uranium sebesar botol bir dan ukuran kanon yang lebih besar dari mobil Volkswagen kodok, dan jarang disebut dengan nama sebenarnya (yang pasti bukan Warthog).

Berikut adalah 10 hal tentang A-10 yang jarang diketahui :

1. Fungsi utamanya adalah pesawat pendukung serangan darat jarak dekat.

Anda membutuhkan bantuan untuk menghabisi konvoi tank dan kendaraan lapis baja musuh di jalan? Hubungi saja A-10.

2. A-10, yang pasti nama aslinya bukan “Warthog”

Bernama asli A-10 Thunderbolt II, dinamai seperti pesawat serang darat jarak dekat era Perang Dunia II, P47 Thunderbolt. A-10 jelas bukan pesawat tercantik, tapi mendapat julukan legendaris.

3. Memiliki “bak mandi” anti peluru di kokpit

Dengan berat lebih dari 500 kg dan ketebalan titanium 0,5 inci – 1,5 inci disekiling pilot. Dijuluki “bak mandi” anti peluru karena ketika pilot diberondong tembakan senapan mesin, itu adalah tempat yang paling aman untuk berlindung.

4. Meriam A-10 lebih besar dari mobil VW kodok

A-10 dilengkapi salah satu meriam pesawat terbesar yang pernah ada. Panjang meriam GAU-8 Avenger adalah lebih dari 5.8 m, dan dengan semua amunisi beratnya bisa mencapai 2 ton. Bukan hanya itu saja faktor yang mengerikan, daya sembur amunisinya yang super deras mampu mencabik-cabik tank dengan lapisan baja setebal apapun.

5. Meriam yang besar harus terpasang tepat ditengah pesawat

Letak meriam yang tidak tepat ditengah pesawat bisa mengubah lintasan terbang pesawat, sehingga perlu menggeser letak meriam tepat di tengah keseimbangan pesawat. Para desainer bahkan harus menggeser roda pendaratan untuk memberi tempat meriam.

6. Peluru meriam A-10 sebesar botol bir

Meriam Avenger dapat menembakkan 3.900 amunisi per menit dengan amunisi yang sangat besar dan dengan kecepatan 2.200 mph, kecepatan yang sama dimiliki pesawat SR-71.

7. Amunisi full uranium

Secara teknis amunisi terbuat dari uranium, produk sampingan dari pembuatan bahan bakar nuklir.

8. Sebuah kendaraan khusus dibuat untuk memuat amunisi A-10

Kendaraan tersebut memiliki nama panggilan Dragon

9. Pilot tidak pernah menembakkan meriam selama lebih dari beberapa detik pada satu waktu

Akibat panas yang sangat berlebih, hal ini bisa memperpendek umur laras meriam, juga semburan amunisi selama dua detik berarti “si bad boy” memuntahkan 130 proyektil uranium sebesar botol bir dengan kecepatan amunisi lebih dari 3 mach.

10. meriam menghasilkan begitu banyak asap yang bisa mematikan mesin jet

Selama pengujian, mesin mati akibat kekurangan oksigen, sehingga ruang bakar khusus dibuat untuk membantu mesin tetap hidup saat meriam ditembakkan.

Sharefuntime.com