China Kehilangan Muka untuk Klaimnya di Laut China Selatan

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter menuju USS Theodore Roosevelt di Laut China Selatan menggunakan pesawat Osprey Wawancara Menteri Pertahanan AS Ashton Carter di USS Theodore Roosevelt, Laut China Selatan

Amerika Serikat tampaknya sudah jengah dengan sikap China yang selalu mengklaim wilayah Laut China Selatan bagian dari mereka. Beberapa hari lalu AS mengirim kapal perang USS Lassen ke Laut China Selatan, sebagai tanda bahwa mereka tidak mengakui klaim China atas Laut China Selatan. China pun marah, tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Setelah kapal perang AS pergi, China mengatakan, mereka sebenarnya membuntuti USS Lassen dengan kapal selam canggih yang bisa menembak kapan saja.

Rupanya AS tidak kalah gertak. AS menepati janjinya yang mengatakan akan sering mengirim kapalnya ke Laut China Selatan. Tak tanggung tanggung kali ini yang dilakukan adalah mengirim Menteri Pertahanan AS Ashton Carter ke Laut China Selatan. Dia dikirim ke kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Theodore Roosevelt menggunakan pesawat Osprey.

Dengan santainya Ashton Carter melakukan wawancara dengan satu media di Laut China Selatan yang selalu diklaim oleh China. AS menganggap sepi klaim China atas Laut China Selatan. Bisa dikatakan untuk peristiwa ini China telah kehilangan muka atas klaim mereka tersebut.