A-400 Uji Take Off Dan Landing Di Landasan Rumput

Airbus Defence & Space telah menyelesaikan sertifikasi penerbangan pesawat angkut berat A400M untuk kemampuan take-off dan landing di landasan rumput dan tanah.

Dilakukan selama periode tiga minggu terakhir di bulan Oktober, A-400 melakukan sekitar 40 take-off dan pendaratan menggunakan landasan sepanjang 1,400 m di lapangan udara Écury-sur-Coole di Perancis. Sekitar enam penerbangan diantaranya dilakukan bagi otoritas sertifikasi.

“Kami ingin menunjukkan bahwa A-400 dapat beroperasi dari landasan tanah tanpa kerusakan apapun, bersertifikat dan berkualitas dengan kemampuan pengereman dan tenaga dorong maksimal saat take-off dan landing,” kata kepala tes penerbangan dan operasi Eric Isorce.

“A-400M menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam berbagai manuver, seperti putaran balik U-turn, dan take-off dan landing di landasan darurat,” kata pihak Airbus.

Pilot uji Airbus Tony Flynn mengatakan pesawat uji MSN2 beberapa kali turun dilandasan tanah sepanjang 100 m, dengan berat penuh pesawat hingga 114 ton. Ini setara dengan pesawat saat mengangkut kendaraan lapis baja seberat 30 ton, katanya. Dan tes yang dilakukan masih dalam kondisi safe, ia menambahkan, “A-400 sebenarnya masih dapat mengangkut kargo lebih berat dari itu” .

Uji coba pendaratan pada landasan kerikil sebelumnya pernah dilakukan di Ablitas, Spanyol, Airbus Defence & Space akan melakukan uji coba serupa di tanah yang gembur dan berpasir pada tahun 2016.

Flightglobal