Israel Modif Tank Merkava Mk2 Jadi Kendaraan Logistik dan Ambulan - JakartaGreater

Israel Modif Tank Merkava Mk2 Jadi Kendaraan Logistik dan Ambulan

Merkava-2-latrun-2

Digantikan dalam pelayanan garis depan oleh Merkava Mk 3 dan Mk 4, tank Merkava Mk2 Israel dimasukan dalam cadangan dalam satu tahun terakhir. Dan kini tank-tank tersebut akan resmi dipensiun.

Tetapi Israel tidak akan menghancurkannya. Merkava Mk2 akan dikonversi untuk keperluan lain seperti untuk operator logistik medan perang, evakuasi korban dan kendaraan pos komando.

Sebagaimana dilaporkan IHS Jane Jumat 6 November 2015 IDF telah menghasilkan satu prototipe untuk peran logistik dan kedua saat ini sedang diproduksi untuk evakuasi korban. Tetapi IDF menolak mengatakan berapa banyak Merkava akhirnya akan dikonversi.

“Program konversi Merkava Mk 2 berawal dari pemahaman bahwa kita dapat dan harus mengkonversi platform tua untuk kebutuhan lainnya. Ini baik untuk melayani kebutuhan tentara dan menghemat biaya,” kata IDF.

Platform ini adalah yang terbaru dalam serangkaian upaya pembentukan pertahanan Israel untuk membuat APC yang lebih aman untuk menggantikan ribuan armada kendaraan M113 yang telah ada dalam pelayanan sejak tahun 1970-an.

M113 dinilai tidak lagi memadai untuk operasi tempur di daerah seperti Jalur Gaza dan Lebanon, di mana mereka harus menghadapi militan yang bersenjata besar dengan rudal armor-piercing.

Para pejabat Israel baru-baru ini menegaskan bahwa APC baru beroda 8×8 sedang dikembangkan oleh para insinyur dari Korps Persenjataan IDF.

Sementara itu, produksi APC berat Namer juga terus dilakukan dengan akan memasang sistem proteksi aktif Rafael.

Tinggalkan komentar