Mau Lolos Seleksi TNI, Ini Dia Tipsnya

Bagaimana caranya agar lolos seleksi menjadi anggota TNI? Yang pasti, untuk bisa lolos seleksi menjadi anggota TNI tidaklah secepat kilat. Dibutuhkan waktu relatif lama, yakni enam bulan hingga satu tahun.

Menurut buku Siap Tempur Tembus Tes masuk TNI/POLRI, karya Soenardi Hardjosoemitro, ada poin-poin yang harus dipersiapkan untuk menjadi prajurit TNI. Nah, bagi Anda yang memang bercita-cita untuk memasuki dunia militer, silakan membaca tips ini dengan seksama. Apa aja sih poin-poinnya?

Kualitas Kesehatan

Lakukan segera general check up di rumah sakit militer terdekat yang membuka poliklinik untuk umum guna mengetahui beberapa hal berikut.

– Tekanan darah, idealnya kita memiliki tekanan darah 120/80 untuk bisa lolos seleksi.

– Detak jantung ideal, yakni 60-90 detak per menit.

– Hemoglobin darah yang ideal adalah 14-16 per gram

– Gula darah normal

– Kolesterol normal

– Hasil rontgen paru-paru baik/normal

– Gigi sehat/tidak ada bolong

– Tidak menderita ambein /wasir

– Tidak menderita varikokel

– Tidak menderita pembengkakan di pembuluh darah balik di betis kaki

– Jantung sehat

– Mata normal dan tidak buta warna

Segera lakukan penyembuhan atau perbaikan bila ada yang belum ideal berdasarkan hasil pemeriksaan dokter militer tersebut.

Kualitas Kejiwaan

Kondisi kejiwaan untuk menghadapi psikotes bagi mereka yang ingin menembus seleksi masuk TNI harus baik dan kuat. Oleh karena itu perlu dipersiapkan beberapa hal, yakni :

– Perkokoh niat menjadi prajurit dan pejuang profesional, yakni yang bersedia mengorbankan jiwa raga untuk kepentingan bangsa dan negara. Juga tanamkan terus setelah cinta kepada Allah, serta cinta kedua, bukan pada orangtua atau pacar melainkan pada kejayaan bangsa dan negara.

– Lepaskan berbagai masalah dan kepentingan pribadi yang selalu membelenggu Anda selama ini.

– Baca sejarah perjuangan para pahlawan, seperti Jenderal Sudirman dan sebagainya, agar merasuk ke dalam kalbu semangat perjuangan Anda.

– Lakukanlah latihan menggambar orang, pohon, dan rumah yang harmonis.

– Pelajari dan sugestikan prinsip “Do the best, God takes the rest”.

Beberapa poin di atas dapat menjadi rujukan untuk mempersiapkan diri Anda agar lolos ujian masuk TNI. Usahakan tetap menjaga stamina agar saat test berlangsung, Anda tetap sehat dan segar. Jika sudah mempersiapkan diri dengan baik, maka langkah terakhir jangan lupa untuk berdoa.