Foto-Foto Keren Jet Tempur Gripen Hongaria

Diambil oleh Filip Modrzejewski, pemimpin redaksi situs Foto Poork, foto-foto keren menunjukkan dua jet tempur JAS-39m Gripen Hungaria yang ikut ambil bagian dalam operasi Baltic Air Policing seperti yang terlihat dari pesawat C-27J Spartan milik Lithuania.

Misi berpatroli di langit Baltik telah diintensifkan oleh NATO sejak awal krisis Ukraina di tengah ketegangan yang meningkat dengan Rusia. Tujuan utama dari operasi ini adalah untuk meningkatkan dan memperluas kemampuan pertahanan udara republik-republik Baltik (Lithuania, Estonia, Latvia), yang memiliki kekuatan militer terbatas dan tidak mampu menjaga wilayah udara mereka sendiri.

Dalam misi ini Hungaria bertindak sebagai Negara pemimpin, mengoperasikan jet tempurnya dari pangkalan udara ҆iauliai, sementara dukungan tambahan yang disediakan oleh jet tempur Eurofighters Jerman, yang ditempatkan di pangkalan udara Amari di Estonia.

Filip Modrzejewski mengatakan, mengambil foto ini sangat menantang, karena wilayah udara berawan hingga FL240, dan diatas lapisan awan diketinggian 4 000 kaki.

Rencananya Gripen akan bergabung dengan Eurofighters Jerman yang terbang dari Amari, namun Jerman membatalkannya dan kembali ke basis mereka di mana cuaca cepat memburuk. Jet tempur Luftwaffe itu terpaksa kembali ke Estonia dengan kecepatan supersonik!

Theaviationist