Nuklir Iran Muncul Jika Diserang AS – Israel

Gertakan AS dan Israel untuk menyerang Iran jika terus mengembangkan nuklirnya, mulai mendapatkan jawaban yang sepadan. Rusia memperingatkan, Iran tidak punya opsi mengembangkan senjata nuklir, kecuali jika dalam ancaman serangan AS atau Israel terkait program nuklirnya yang dipersoalkan.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan CIA, para pejabat AS mengaku tidak punya informasi tentang keputusan politik yang diambil Iran untuk mengembangkan senjata nuklir. Namun, Rusia yakin sebuah keputusan untuk membuat senjata nuklir akan dibuat Iran, jika negara mereka diserang AS dan Israel.

Komentar Menteri luar negeri Rusia ini disampaikan, segera setelah pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, memperingatkan negaranya siap melancarkan serangan balasan terhadap AS atau Israel “pada level yang sama seperti serangan mereka terhadap kita”.

Lavrov menyatakan, Rusia tidak sedang membela sekutunya, tetapi berupaya menghindari konflik yang lebih luas atau kemungkinan perlombaan senjata nuklir yang melanda kawasan. Ia juga mengecam keras Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad karena berulang-ulang mengancam akan menghancurkan Israel yang merupakan musuh bebuyutan negaranya. (Reuters).

Tinggalkan komentar