Pesawat Jepang Rampungkan Uji Terbang Perdana

Mitsubishi Regional Jet

Tokyo – Pesawat penumpang buatan Jepang yang pertama dalam setengah abad terakhir sukses merampungkan uji terbang perdana. Mitsubishi Regional Jet atau MRJ, lepas landas dari sebuah bandara di Provinsi Aichi, Jepang tengah pada Rabu (11/11/2015).

Pesawat itu terbang ke kawasan di atas Samudra Pasifik dikawal oleh pesawat Pasukan Bela Diri, SDF.

Mitsubishi Regional Jet

Pesawat itu kembali sekitar 90 menit kemudian setelah merampungkan uji manuver dasar seperti menaik, menurun dan membelok di udara. Data dalam uji terbang perdana ini akan dianalisis dan badan pesawat juga akan diperiksa untuk menemukan adanya masalah.

Mitsubishi Aircraft Corporation mengembangkan pesawat jet hemat bahan bakar energi ini sejak 2008. Jepang pertama kali memproduksi pesawat komersial dengan mesin baling-baling YS-11 sekitar 50 tahun lalu.

Adalah dua perusahaan raksasa, Mitsubishi Aircraft (Nagoya) dan Mitsubishi Heavy Industries yang berjasa menciptakan jet tersebut. Pesawat ini sebenarnya telah tiga kali mengalami penundaan peluncuran.

Rencana semula akan diluncurkan pada tahun 2011. Penerbangan perdana akan dilakukan pada bulan April-Juni 2015 yang produksi massalnya akan dikirimkan ke All Nippon Airways (ANA) mulai 1 April tahun 2017. Jumlah kursi di MRJ sebanyak antara 70-90 orang, diasumsikan dalam pelayanan di rute jarak pendek seperti dalam negeri, secara ekonomi pesawat ini juga irit bahan bakar sebanyak 20 persen dibandingkan dengan jenis yang sama.

Pikiran Rakyat