Jepang Proses Pembelian Pesawat US2 Shinmaywa untuk Indonesia

ShinMaywa US-2

Tokyo – Perdana Menteri Shinzo Abe pada tanggal 12/11/2015, mengadakan pembicaraan dengan Ketua DPR Indonesia Setya Novanto. Pembicaraan itu antara lain tentang impor kapal terbang amfibi US2 dari Angkatan Maritim Bela Diri Jepang yang diminati Indonesia. “Anda memiliki minat dan Anda mempertimbangkannya,” ujar Shinzo Abe, menunjukkan sikap positif.

Setelah ini, Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga pada konferensi pers, menyampaikan kebijakan untuk melanjutkan negosiasi dengan Indonesia dan urusan administrasi untuk ekspor pesawat US2. Pemerintah Jepang berdasarkan relokasi alutsista tiga prinsip yang dirumuskan April lalu, sudah melakukan diskusi yang bertujuan mengizinkan ekspor pesawat US2, antara lain ke India.

Di sisi lain, Perdana Menteri pada pertemuan dengan Ketua DPR Indonesia, membahas situasi di Laut China Selatan yang telah meningkatkan ketegangan dan China yang terus melakukan konstruksi pulau buatan di sana. “Jepang dan Indonesia dan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ingin meminta Anda berbicara dengan suara yang sama.” dan dia berkata, akan menyerukan kerja sama.

Jiji Press