China Menemukan Teknologi Lapisan Anti Radar

Ilmuwan Cina menemukan terobosan baru teknologi siluman yang bisa membuat jet tempur dan kapal perang menjadi tak terlihat di radar.

Teknologi siluman adalah salah satu keuntungan terbesar dalam dunia militer, dan Cina terus mencari cara mengembangkan teknologi maju tersebut.

Baru-baru ini para ilmuwan Cina meluncurkan terobosan efektif untuk menciptakan jet tempur dan kapal perang yang bisa menghilang dilayar radar.

Para peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Huazhong China telah mengembangkan bahan materi baru yang mampu menyerap semua pancaran oven microwave radar dan dengan bahan super tipis, hampir sepuluh kali lebih tipis dari bahan konvesional .

Teknologi semacam ini bukan hal baru tetapi produk yang ada terlalu tebal dan berat untuk diterapkan di pesawat atau tidak mampu menyerap semua gelombang radar.

Sekarang berkat lapisan penyerap ultra tipis yang disebut Active Frequency Selective Surface (AFSS) dengan tebal hanya 0.4 mm, dapat dipasang membentang diseluruh permukaan jet tempur, kendaraan perang atau kapal perang.

Teknologi siluman yang digunakan pada saat ini adalah dengan merekayasa bentuk pesawat dan pemberian lapisan cat khusus penyerap radar, namun keduanya masih memiliki kelemahan.

” Dengan frekuensi di bawah dua gigahertz, peredam microwave konvensional memiliki keterbatasan dengan ketebalan lapisan dan bandwidth penyerapannya yang kecil,” Wenhua Xu, anggota tim peneliti, menjelaskan.

Terobosan bahan terdiri dari lapisan papan sirkuit, yang disebut AFSS, dan di atasnya ditambahkan logam tipis sarang lebah. Ini adalah pertama kalinya teknologi peregangan digunakan untuk memperluas bandwidth untuk penyerapan oven microwave radar. Anehnya, pemerintah Cina tidak menjaga teknologi ini dengan kerahasiaan yang super ketat seperti biasanya.

Teknologi militer terus berkembang dengan pesat dan perkembangan terbaru yang dipamerkan China ini semakin mempersempit kesenjangan teknologi yang selama ini didominasi oleh AS.