Pertemuan Bilateral Presiden Jokowi dan Xi Jinping di G-20

Antalya – Presiden Joko Widodo telah berada di Antalya, Turki untuk melakukan pertemuan KTT G-20. Rencananya, di sela acara G-20 ini, presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Kanada Justin Trudeau dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, PM Kanada Justin Trudeau merupakan PM yang baru saja terpilih.

“Dimulai dengan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kanada. PM Kanada adalah PM yang baru saja memenangkan pemilu, dan ini adalah pertemuan pertama antara PM Kanada dengan Presiden RI,” kata Retno di Hotel IC Santai, Antalya, Turki, Sabtu (14/11/2014) malam.

Retno mengatakan, pertemuan antara Justin dan Jokowi lebih kepada perkenalan.

Setelah itu, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Belum diketahui apa saja yang akan dibahas antar dua kepala negara ini.

“Acara kedua adalah pertemuan dengan Presiden RRT, Xi Jinping,” kata Retno.

Presiden Angkat Isu Terorisme

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, tema yang akan dibahas presiden Jokowi adalah aksi melawan terorisme. Hal itu akan disampaikan Jokowi dalam sesi working dinner KTT G-20.

“Di acara working dinner, kita akan bicara mengenai masalah counter terrorism. Tentunya dengan kejadian yang baru saja terjadi di Paris, akan menjadi diskusi dan menjadi sangat menarik dalam artian bahwa, apa yang akan disampaikan oleh Presiden saat diskusi nanti,” ujar Retno di Hotel IC Santai, Antalya, Turki, Sabtu (14/11/2014) malam.

“Intinya adalah menekankan pentingnya kerjasama internasional dalam pemberantasan terorisme. Karena tidak ada satupun negara di dunia ini yang aman dari ancaman terorisme. Dan tidak ada cara lain untuk memberantas terorisme adalah melalui kerjasama internasional,” jelas Retno.

Detik.com