Inilah Senjata yang Digunakan Teroris di Paris

AK-47

Kelompok teroris penyerang di sejumlah lokasi di Paris, Perancis diketahui menggunakan senapan serbu AK-47. Banyak korban tewas akibat muntahan dari peluru Senapan “sejuta umat” tersebut.

AK-47 adalah singkatan dari Avtomat Kalashnikova 1947. Dirancang oleh Mikhail kalshnikov semasa perang dunia dua.

AK-47 termasuk salah satu senapan serbu pertama dan hingga kini merupakan senapan serbu yang paling banyak diproduksi. Jumlahnya diperkirakan lebih dari seratus juta pucuk yang tersebar hampir diseluruh penjuru dunia. Hal itu dikarenakan desain senjata yang sederhana, mudah diproduksi secara massal, mudah digunakan tanpa kehilangan kemampuannya untuk mematikan.

Tak heran, Senapan AK-47 banyak digunakan oleh para gerilyawan, tentara di banyak negara dan teroris. Bahkan, AK-47 menjadi simbol revolusi dan bahkan beberapa negara mencantumkan gambar AK-47 sebagai bagian dari lambang negara.

Senjata ini juga sempat jadi senapan serbu andalan tentara Indonesia. Hubungan mesra antara Indonesia dan Uni Soviet membuat ribuan pucuk senjata AK-47 mengalir ke Indonesia tahun 1960an.

Saat itu hanya pasukan elite yang dapat jatah AK-47. Komando Pasukan Khusus yang dulu bernama Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), salah satunya.