India Akan Menguji Tembak Rudal Barak-NG

Rudal Barak-8

Rudal pertahanan udara jarak jauh Barak-NG India atau Long Range Surface to Air Missile (LR-SAM), pengembangan bersama antara DRDO dan Israel Aerospace Industries, akan menjalani uji tembak dari kapal perang pada bulan ini.

Barak-NG / LR-SAM mampu mencegat rudal, pesawat tempur dengan jangkauan 80 km. Integrasi rudal dan semua sistem dikapal perusak INS Kolkata sudah lengkap.

LR-SAM, juga dikenal sebagai Barak-NG (next generation), sedang dikembangkan bersama oleh Defence Research and Development Organisation (DRDO) dari India dan Israel Aerospace Industries (IAI) Israel.

Proyek Barak ini, terlambat dari jadwal. Proyek disetujui pada tahun 2005 dengan dana awal sebesar $ 151 ribu dan harus rampung pada tahun 2011 tetapi terus tertunda karena kesulitan teknis.

Angkatan Laut bermaksud untuk memiliki LR-SAM sebagai senjata standar pada semua kapal perang masa depan dan juga kapal perang retrofit yang sudah ada.

India sudah memiliki rudal jarak dekat Barak-I dengan jangkauan 10 km yang saat ini sudah melengkapi semua kapal perang garis depan India, termasuk kapal induk INS Vikramaditya, sedangkan LR-SAM akan membentuk pelapis pertama rudal pertahanan jarak jauh.

Angkatan Laut bermaksud untuk menggantikan Barak-I dan Departemen Pertahanan pada Maret memberikan persetujuan untuk pengembangan rudal pertahanan jarak dekat atau Short Range Surface-to-Air Missile (SR-SAM) Maitri, antara DRDO dengan MBDA Perancis.

Defenceworld