Rudal Bulava Ditembakkan untuk Pertama Kalinya

Dua rudal Bulava yakni balistik antarbenua ditembakkan untuk pertama kalinya dari kapal selam Vladimir Monomakh. Rudal Bulava atau RSM-56 (kode nama NATO : SS-NX-32) adalah ICBM yang diluncurkan dari kapal selam Angkatan Laut Rusia. Rudal ini memiliki jangkauan 10.000 km, dan saat ini dilengkapkan pada kapal selam nuklir kelas Borey.

Detik detik peluncuran rudal Bulava :

Rudal Bulava mulai dilengkapkan pada kapal selam Yuri Dolgoruky (kapal selam pertama kelas Borey) pada Januari 2013. Bulava mampu membawa enam hingga sepuluh hulu ledak nuklir yang masing-masing berkekuatan 100-150 kiloton.

Sebagai perbandingan, bom “Fat Man” yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima berkekuatan 22 kiloton. Bulava menggunakan bahan bakar padat untuk dua tahap pertama penerbangannya dan kemudian bahan bakar cair untuk tahap ketiga. Rudal ini didesain untuk mampu bertahan dari ledakan nuklir dikisaran 500 meter.

Militer Rusia menyatakan, dengan jangkauan operasional 10.000 kilometer, rudal Bulava mampu melesat dengan (kecepatan) setara 10 hipersonik.  Kapal selam Rusia tipe Borey itu telah dirancang untuk menjadi tulang punggung Rusia untuk menangkal ancaman nuklir asing.  Uji tembak itu, juga menjadi manuver Rusia yang telah berkomitmen meningkatkan kemampuan nuklirnya. Kementerian Pertahanan Rusia pada 2020 bertekad memiliki delapan kapal selam tipe Borey.

Panjang : 11,5 m (tanpa hulu ledak)
Diameter : 2 m
Berat : 36.800 kg
Jangkauan : 10.000 km