Mari Dukung Investasi

Hadirnya pembangunan di sebuah daerah diyakini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat setempat. Apalagi jika pembangunan tersebut hadir dengan melibatkan masyarakat sebagai bagian dari proses pembangunan itu sendiri.

Banyak sekali dampak positif yang dapat dinikmati oleh masyarkat sebuah daerah atas kehadiran pembangunan yang masuk ke wilayah mereka. Diantaranya adalah terbuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Selain terbukanya lapangan pekerjaan, pembangunan yang dilakukan di sebuah daerah juga berpotensi menghasilkan pendapatan bagi daerah itu sendiri dari sektor pajak. Makanya pemerintah pusat saat ini mencoba memberi kemudahan kepada para investor yang ingin melakukan aktivitas bisnis dengan kemudahan dalam bentuk perizinan.

Semangat yang dilakukan oleh pemerintah tentunya berangkat dari kesadaran dengan harapan agar iklim investasi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik diseluruh wilayah Indonesia. Karena manfaat dari hadirnya aktivitas investasi sudah jelas menguntungkan bagi masyarakat dan daerah itu sendiri.

Namun dalam realitasnya, keinginan pemerintah pusat masih tidak berjalan dengan ideal di lapangan. Hal itu dapat terlihat masih banyak daerah yang menyulitkan investor dalam mengajukan proses perizinan untuk kegiatan investasi yang akan dilakukan. Tidak hanya pemerintah daerah, gangguan terhadap masuknya investasi juga muncul dari kalangan LSM dan sekelompok orang yang mengatasnamakan masyarakat untuk tujuan jangka pendek mereka semata.

Kondisi seperti ini dapat terlihat di Karawang Jawa Barat, sebuah daerah yang berkembang dalam sektor industri. Gangguan LSM dan masih rumitnya proses perizinan di yakini dapat membuat jera para pengusaha yang ingin masuk melakukan aktivitas investasi di daerah tersebut. Pengusaha sering sekali diperlakukan sebagai sapi perahan, dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan sekelompok orang.

Padahal pengusaha yang ingin masuk ke Karawang memiliki tujuan baik, yaitu ikut dalam proses pembangunan di daerah setempat. Hasil dari pembangunan yang ada sudah dapat dirasakan oleh masyarakat dengan terbukanya lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi daerah dari sektor pajak yang diperoleh.

Untuk itu, mungkin ada baiknya pemerintah pusat dapat terjun langsung dalam memberi kemudahan pada investasi yang masuk pada sebuah daerah dengan tujuan agar gangguan investasi dapat dibasmi sampai ke akar-akarnya.

Semoga investasi dapat berkembang dengan baik demi kemajuan sebuah daerah, dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dari terbukanya lapangan pekerjaan yang ada. Mari dukung tumbuhnya iklim investasi yang sehat di daerah.

 

Haris Ashari

Karawang, Jawa Barat