Gebyar Dirgantara TNI AU

F-16 TNI AU (Photo: @Didik)

Yogyakarta – Memperingati hari ulang tahun ke-70 Sekolah Penerbang TNI AU, Lanud Adisutjipto menggelar Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015, yang akan digelar pada 19-20 Desember 2015.

“Lahirnya sekolah penerbangan TNI AU menjadi bagian sejarah dari keberadaan Lanud Adisutjipto,” ujar Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, di Yogyakarta, Jumat (20/11/2015). Berbagai rangkaian acara digelar, dan seluruh potensi dikerahkan. Diharapkan acara ini bisa menciptakan rasa cinta terhadap kedirgantaraan pada masyarakat.

“Tujuannya bagaimana kita memperkenalkan potensi dan kekuatan di Lanud Adisutjipto,” imbuhnya.

Sebanyak 57 pesawat milik TNI AU dan 3.000 personel TNI AU siap beraksi dalam acara yang baru pertama kali digelar ini. Di antaranya pesawat tempur T50, F16 dan pesawat Sukhoi.

“Akan ada tim aerobatics helikopter, Pegasus,” kata Imran.

Tak hanya itu, akan dibuka pendaftaran joyflight menggunakan pesawat CN 295 bagi masyarakat umum. Pesawat ini akan terbang melitasi area militer Yogyakarta.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Acara Kolonel Pnb Azhar Adhitama menjelaskan ada acara Fun Run di landasan Jupiter, lomba mewarnai anak-anak, lomba fotografi dengan tema dirgantara, Static Show pesawat tempur, dan drum band TNI AU

Terdapat lomba Disc Jokie (DJ) yang akan digelar pasa saat Jupiter beraksi.

“Banyak musisi yang ingin mengisi soundtrack tim Jupiter. Selama ini masih diambil dari lagu Bendera Cokelat. DJ nanti akan dikolaborasikan dengan dinamika aerobatics,” kata Azhar. Hingga saat ini, kata Azhar sudah ada dua musisi yang memasukkan karyanya untuk soundtrack Jupiter. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh band Sheila On 7 dan Pas Band.

Detik.com