Robot Humanoid akan Merajai Jalanan

Gabungan sepeda motor dan robot humanoid, Motobot produksi Yamaha menjadi salah satu highlight dalam Tokyo Motor Show 2015. Diharapkan, tahun 2020 Motobot mampu melesat layaknya pembalap professional.

Dalam pameran otomotif Tokyo Motor Show, yang tahun ini digelar untuk ke-44 kalinya, Yamaha memperkenalkan prototipe teknologi robot motor terbarunya. Saat ujicoba, Motobot baru mampu melaju dengan kecepatan 100 km/jam dan masih ditopang dengan dua roda penyeimbang.

https://youtu.be/4asCK8yamb0

Namun Yamaha berambisi, sampai tahun 2017, Motobot tidak hanya mampu melaju pada jalur lurus dan melakukan slalom ringan, namun akan siap untuk melesat di sirkuit balap motor dengan kecepatan 200 km/jam.

Dikatakan Yamaha, robot pembalap ini sangat pintar dan mampu belajar dengan cepat. Mungkin Motobot bisa melakukan kesalahan, namun hanya sekali dan tidak akan mengulang kesalahan tersebut.

Dengan hadirnya Motobot, Yamaha berharap bahwa di masa depan dapat tercipta satu sistem pengemudian baru yang mampu meningkatkan keselamatan pengendara.

Mobil Tanpa Sopir

Google pertama kali mengungkap proyek mobil tanpa sopirnya 22 Desember 2014. Sejak diujicoba, hanya sebelas kecelakaan kecil yang terjadi dan bukan disebabkan oleh mobil Google sendiri. Musim panas 2015, mobil Google akan dujicoba di jalanan kota Mountain View, lokasi markas Google.

Truk Tanpa Sopir

5 Mei 2015, perusahaan Daimler mempresentasikan truk yang bisa melaju sendiri tanpa supir. Truk dilengkapi dengan teknologi modern seperti sensor radar, kamera stereo dan sensor jarak yang menjamin keamanan.

Robot Parkir Bernama “Ray”

Ray adalah kendaraan transportasi tanpa sopir yang bekerja di bandara Düsseldorf, Jerman. Tugasnya, membawa mobil ke tempat parkir yang masih kosong. Robot ini mulai dikerahkan di bandara tersebut sejak Juni 2014.

DW.com