Mesin Jet Rusia Jadi Andalan Jet Tempur Pakistan

JF-17 Thunder

Pakistan Aeronautical Complex (PAC) tidak berencana mengganti mesin Klimov / Sarkisov RD-93 yang dipasang untuk jet tempur JF-17 meski China telah menyarankan sebaliknya.

Meski beberapa laporan non-spesifik telah dibuat oleh perwakilan dari Aviation Industry Corporation of China (AVIC) tentang sejumlah masalah mesin dalam beberapa bulan terakhir, seorang wakil senior PAC baru-baru mengatakan kepada IHS Jane, “Kami benar-benar puas dengan mesin buatan Rusia ini. Ketika kita merancang JF-17 kami mengevaluasi sejumlah alternatif desain dan kami memutuskan bahwa RD-93 benar-benar tepat untuk aplikasi ini,” katanya. “Kami bekerja secara luas dengan orang-orang dari biro Klimov di St Petersburg [Rusia] dan mesin ini ternyata menjadi solusi ideal.”

Perwakilan PAC menambahkan bahwa langkah berikutnya adalah untuk membangun pelayanan skala penuh dan fasilitas perbaikan untuk RD-93 di pabrik mereka di Kamra.

Menurut dia jika hanya memanfaatkan RD-93 sebagai solusi sementara sampai China dapat membangun mesin baru sendiri justru akan memunculkan sejumlah masalah. “Bagi kami, mengubah mesin lain tidak akan masuk akal dan akan mengganggu serta membuthkan biaya besar untuk program JF-17. “ tutupnya.