Shinzo Abe : Indonesia Kunci Bagi Pembangunan Kawasan

Kuala Lumpur – Presiden Joko Widodo bertemu Perdana Menteri Shinzo Abe di Ruang Pertemuan KLCC dalam KTT ke-27 ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (22/11/2015).

“Senang sekali bertemu PM Shinzo Abe setelah pertemuan di Jepang pada bulan April dan kemarin pekan lalu di Turki,” kata Jokowi.

Menurut laporan Tim Komunikasi Presiden, Jokowi dan Abe sepakat meningkatkan kerja sama, terutama di bidang infrastruktur seperti pembangkit listrik, pelabuhan dan lainnya?.
?
Abe mengakui hubungan kedua negara sangat baik dan Indonesia merupakan mitra strategis bagi Jepang. PM Abe berharap kedua negara dapat bekerja sama lebih erat di berbagai sektor. “Khususnya mengenai infrastruktur, saya berpikir bahwa pembangunan di Indonesia penting bagi kemakmuran kawasan,” ucap Abe.?
?
?Selain infrastruktur, kerja sama juga dilakukan di bidang politik dan pertahanan dimana Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara yang akan dilakukan di Jepang pada Desember 2015. “Pertemuan itu akan memberikan kontribusi penguatan kerjasama politik dan pertahanan kedua negara,” ujar Jokowi.
?
Tentang Laut China Selatan, kedua Kepala Negara juga bertukar pikiran. “Pentingnya stabiltas dan keamanan kawasan dan hukum internasional juga harus dihormati? di kawasan itu,” kata Presiden. ?

?Kunjungan Tokoh Politik dan Pengusaha Jepang
?
Kedekatan hubungan Indonesia-Jepang juga ditunjukkan dengan kehadiran tokoh bisnis dan politik Jepang ke Indonesia yang dipimpin langsung Ketua Liga Parlemen Indonesia – Jepang Toshihiro Nikai.

Kunjungan ini tentunya akan memperkuat hubungan kedua masyarakat. “Besok saya akan memberikan Tanda Jasa Kehormatan kepada Bapak Toshihiro Nikai atas jasa-jasanya kepada Indonesia di Istana dan malamnya akan ?menerima tokoh-tokoh penting politik dan pebisnis dari Jepang,” tutur Jokowi.

Metrotvnews.com