Nov 232015
 
Leopard Revo RI (photo : Kaskus - Formil)

Leopard Revo RI (photo : Kaskus – Formil)

Kabar pembelian Leopard Revolution atau Leopard 2A4 upgrade yang disebut juga Leopard RI telah kita dengar sejak tahun 2014, di mana saat itu KSAD Jenderal Pramono Eddhie Wibowo mengumumkannya di Mabesad. MBT Leopard 2A4 ini diupgrade oleh Rheinmetall, untuk sistem modul proteksi, sistem senjata dan elektroniknya, serba otomatis dan digital.

Diharapkan Leopard 2 RI ini bisa segera tiba di tanah air.

Bila rekan rekan punya informasi, silakan ditambahkan di sini.

Photo : Formil Kaskus

  52 Responses to “Penampakan Tank Leopard Revo RI”

  1.  

    Hebat tenan

  2.  

    Leo ny msh blm pake baju

  3.  

    hmmm

  4.  

    Belum selesai ternyata hmm

  5.  

    Artikelnya nanyak tu.!”!!! Klo ada yg tau jwb dunk… saya lom tau..xixixiixi

  6.  

    Bagian mana sihh yg menunjukkan itu tank pny RI kok gk kliatan bendera atau simbol khas TNI??

  7.  

    yang jelas ada perubahan bentuk lampu depan utama…tidak seperti yg pernah buat pameran dijakarta…terus rcws gak jelas dan gak akan ada setiba di indonesia

  8.  

    Mengenal Main Battle Tank (MBT) Leopard Revolution

    Ilustrasi Leopard Revolution
    Leopard Revolution adalah kendaraan tempur jenis Main Battle Tank (MBT) atau Tank Tempur Utama dari keluarga MBT Leopard. Leopard Revolution atau Ri adalah salah satu varian terbaru yang merupakan pengembangan dari MBT produksi Rheinmetall Germany yang sebelumnya, yaitu Leopard 2A4. Menurut analis militer MBT ini juga sering disebut sebagai Leopard 2A4 Evolution. Leopard 2A4 sendiri adalah salah satu varian Leopard 2 yang paling banyak diproduksi dan dipakai di banyak negara dalam jumlah besar.

    MBT Leopard 2A4 Milik TNI AD Dalam Parade HUT TNI 5 Oktober 2013
    Pada bulan Desember 2012 lalu, Departemen Pertahanan Republik Indonesia (Dephan RI) melalui Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) secara resmi telah memesan MBT Leopard jenis Leopard Revolution dan Leopard 2A4 sebanyak 103 unit (41 unit Leopard Revolution sisanya Leopard 2A4) dengan harga Rp 16,4 miliar untuk Leopard Revolution dan Rp 6 miliar untuk Leopard 2A4.

    Leopard Revolution benar-benar berbeda dari pendahulunya, karena jika pendahulunya dirancang untuk menghadapi situasi perang medan terbuka karena dibuat pada masa Perang Dingin (Cold War) dimana sekutu Eropa sangat membutuhkan Tank yang mampu melawan Angkatan Darat Uni Soviet di medan terbuka. Sedangkan Leopard Revolution dibuat pada masa sekarang yaitu era perang kota (urban warfare) dan perang gerilya seperti perang yang terjadi di Irak, Kuwait, dan Afghanistan. Oleh karena itu tank ini lebih diperuntukkan untuk perang kota.

    Leopard Revolution saat dipamerkan di Jakarta, Indonesia

    Sebagai proteksi dari serangan, tubuh MBT Leopard Revolution dilapisi oleh lapisan komposit Advanced Modular Armor Protection (AMAP) yang tentunya tidak sama dengan jenis proteksi pada Leopard 2A4. Lapisan pelindung ini terdiri dari nano-cheramic, titanium, dan juga alloy stell, yang diklaim memberikan kemampuan perlindungan yang jauh lebih baik dari tank-tank sejenis. Kata “modular” disini berarti sifatnya modular alias bisa dibongkar pasang, sehingga prajurit bisa memilih variasi kemampuan proteksi sesuai kebutuhan, seperti untuk menangkal granat berpeluncur roket (RPG) atau untuk peledak improvisasi (IED). Dan jika lapisan proteksi itu terkena serangan musuh, perangkat itu bisa dibongkar untuk diganti baru.

    Untuk meriam utama, Leopard Revolution masih menggunakan meriam seperti pendahulunya, yaitu jenis L44 smoothbore kaliber 120 mm. Meriam ini bisa menggunakan semua varian peluru standar NATO, dan tank ini mampu membawa amunisi sebanyak 42 butir. 15 peluru sudah dalam kondisi siap tembak tersimpan di kubah meriam (otomatis reload), sementara sisanya tersimpan di bagian dalam tank.

    Dan sebagai pertahanan diri ringan, tank dilengkapi dengan heavy machine-gun kaliber 12,7 mm yang dioperasikan dengan remote control sehingga kru tank tak perlu keluar untuk mengoperasikannya. Sepucuk senapan mesin kaliber 7,62 juga terpasang sejajar dengan meriam.

  9.  

    dari fotonya kalau dilihat bentuk fisiknya seperti jadul banget, tapi endtah dalemnya katanya canggih

  10.  

    Bayarlah cicilan bunga kredit anda ke kantor cabang terdekat.

  11.  

    Para Warjeger tolong jelaskan seberapa kuat kah Tank Leopard Revo RI menahan hantaman rudal panggul / ATGM ?

    •  

      sekuat batalyon kavleri.

    •  

      Sampai saat ini belum ada tank yang terbukti kuat menahan gempuran rudal panggul/ATGM apalagi yang punya warhead tandem. Justru disitulah kelemahannya. Pertanyaannya kalau begitu kenapa masih banyak di pakai MBT.?. Saya kira jawabannya tergantung ekossitem di mana dia berada .Kalau berada di padang pasir luas dimana jelas nampak musuh dari jarak berkilometer sehingga Tank bisa menghindar atau melakukan firstshoot maka tank itu akan berguna ,tapi di alam indonesia yang banyak vegetasi dan alam yang tidak rata maka tank cuma jadi sitting duck .Semak belukar ,gundukan tanah atau pinggiran tebing sudah cukup jadi tempat melepaskan ATGM atau rudal panggul dari jarak kurang dari dua kilometer…
      Indonesia beli Leo cuma untuk gagah gagahan.

  12.  

    invasi darat butuh tank. Pergerakan pasukan darat juga pakai tank. Kecuali buat gagah2an sperti di syria. Kucing yg main2 dgn umpannya.

  13.  

    ya iyalh kaya, ap sih yg ngk d indonesia …

  14.  

    Bukan mau tapi udah, belajar yg bener dulu

  15.  

    leopard vs ATGM…..???pernah ada yg liat di inet leopard ancur kena ATGM

  16.  

    Tapi ada yg perlu di kaji lagi kenapa pihak tni ad menginginkan MBT kelas berat…untuk bung [email protected]… mari kita lihat spesifikasi MBT LEOPART2 REFOLUCION TNI AD… SPESIFIKASINYA adalah mbt leopart2 A4 di upgred menjadi MBT LEOPART REFOLYCION.san kegunaan MBT RI tersebut adalah di pergunakan untuk perang kota.jadi pembelian mbt leo bagi tni ad sudah tepat.bulan untuk gagah2 an.bilamana perang terjadi…objek fital pertama kali yg perlu di lindungi dari serangan musuh adalah ibukota negara.karna peperangan terjadi…bila mereka sudah menyerang suatu tempat dengan pesawat tempur…maka setelah itu mereka kembali menyerang dengan kekuatan darat.maka dari itu kita sangat membutuhkan main batel tank seperti leopart RI.BAHKAN BILA PERLU MBT KELUARAN TERBARU SEPERTI MBT LEOPART 2A7 DAN MBT ARMATA KELUARAN DARI RUSIA

  17.  

    wah malon gak gaul,mau beli gimana sih loonnn…si leo revo sdh dibayarin yaaa,tuh moncongnya ada di deket2 perbatasan tuh hehehehehe

  18.  

    eeehh… ko bukan Revolution.. 🙁

  19.  

    Mbt leo revo 110cc, buat indonesia yg penting irit sama awet

  20.  

    teori guderian mbahnya perang tank..kerahkan tank secara besar-besaran spt kepalan tangan yg memberi pukulan keras ke titik pertahanan lawan yg paling lemah..andai tank dihajar atgm pun bila jmlh tank nya banyak,tank yg lain msh berpeluang selamat dan memberi bantuan tembakan..bila tank diserang warthog msh ada yg bisa melindungi ngga ya..?

  21.  

    moncer ni barang

  22.  

    mbt nya keren.

  23.  

    TNI berencana membeli 398 Tank Leopard 2 (slide presentation) …

    jadi bersiaplah …

  24.  

    tank terbaik masih dipegang leo 2A7,,,semoga diakuisisi pemerintah kedepannya,T-14 armata boleh juga tuh,selain lebih murah dari leo,tekhnologinya jg tidak kalah dari leo dan lebih ringan

  25.  

    Yang ini Tier berapa yah?

  26.  

    kalo mangsih mikir leo rontok kena atgm, pespur rontok kena misil anti udara, kaprang rontok kena rudal, kasel rontok kena torpedo..
    mari kita dorong pemerintah buat beli gincu buat tni, kagak ada antidotnya tuh..malah menular..
    lha wong nenen biar kagak kena samul dikasih kutang kok, lucu pada..

    ntu poto tenk keknya di upgrade ke model 2a5 keatas kalo kagak salah..

  27.  

    anti tanknya ntar di samperi sniper ..n snipernya di lindungi ama tank ..simbiosis mutualisme..atau opsi2 laen buat babat atgm kan ada ..jendralnya pasti dah mikir pake otak buat bli leo…cerdas dikit knapa masak negara sugeh kok ndak punya tank (yg bagus)..tak gampar moeka loe..