F-22 Raptor akan Dibenahi

F-22 Raptor adalah pesawat tempur paling canggih di dunia saat ini. Tetapi jet tempur siluman ini masih memiliki sejumlah kelemahan struktural yang masih terus coba untuk dibenahi.

Dan saat ini telah ada dana sebesar US$350 juta yang akan digunakan untuk merombak pesawat itu. Setidaknya ada lima titik pesawat yang akan diubah pada 162 pesawat Raptor yang dimiliki Angkatan Udar Amerika. Dengan retrofit ini nantinya Raptor akan bisa mencapai umur hingga 8.000 jam terbang.

Upaya lain yang sedang berlangsung, yang dikenal sebagai program reliability and maintainability maturation programme (RAMMP), yang membeli 10.824 upgrade kit hingga 2020 dengan biaya lebih dari US$ 1,7 miliar. Kit ini untuk menutup berbagai kekurangan dari roda pendaratan yang tidak selalu bekerja dan display multifungsi utama kokpit.

Menurut laporan terbaru yang didapat Flight Global, RAMMP telah meningkatkan ketersediaan armada untuk misi saat ini hingga di 62,8% dibandingkan dengan rata-rata 40% ketika Raptor mulai beroperasi pada tahun 2005. Structure retrofit programme (SRP) diberikan pada sekitar 64 jet dan diharapkan selesai 2021.