Senjata Nuklir Inggris Rawan Hack

Anggaran untuk memperbarui program Trident meningkat sampai £31 miliar atau hampir Rp650 triliun.

Mantan Menteri Pertahanan Lord Browne mengatakan bahwa sistem senjata nuklir Inggris -Trident, bisa dilumpuhkan oleh serangan dunia maya. Mantan menteri dari Partai Buruh tersebut juga mengatakan, apabila “titik lemah” tersebut tidak dilindungi, “tiada jaminan” penahan serangan nuklir Inggris yang dapat diandalkan yang bisa digunakan oleh Perdana Menteri.

Bantahan disampaikan oleh mantan Menteri Pertahanan dari Partai Konservatif, Sir Malcolm Rifkind. Komentar-komentar tersebut muncul sebelum debat di parlemen tentang masa depan Sistem senjata nuklir Inggris -Trident. Pada Senin (23/11), terungkap bahwa anggaran untuk memperbarui program tersebut meningkat sampai £31 miliar atau sekitar hampir Rp650 triliun.

Pemerintah juga mengatakan bahwa tanggal awal penggantian kapal selam tersebut ditunda sampai “awal 2030an” seperti terungkap oleh laporan pertahanan strategis dan keamanan, Strategic Defence and Security Review, SDSR.

‘Pemimpin dunia’

Laporan tersebut menyatakan bahwa Inggris adalah “pemimpin dunia” dalam keamanan dunia maya. Lord Browne, menteri pertahanan antara 2006 sampai 2008, mengatakan pada editor politik BBC Laura Kuenssberg bahwa para menteri punya “kewajiban” untuk meyakinkan anggota parlemen bahwa semua bagian penghalau nuklir sudah siap melawan risiko serangan dunia maya dan tersedia perlindungan.

Lord Browne menambahkan, “Jika mereka tidak mampu melakukan itu maka tak ada jaminan bahwa ada senjata yang bisa diandalkan dan bisa digunakan oleh perdana menteri jika dia membutuhkannya.” Namun Sir Malcolm mengatakan, “Inti dari senjata nuklir bukanlah apa ini akan sukses 100% jika dibutuhkan. Namun apakah musuh yang akan menyerang siap terhadap risikonya.”

Pada Senin (23/11), Perdana Menteri David Cameron mengonfirmasi bahwa anggota parlemen akan melakukan pemungutan suara tak mengikat untuk menentukan apakah akan memperbarui empat kapal selam yang membawa senjata nuklir Inggris tersebut.

Posisi resmi Partai Buruh adalah untuk memperbarui Trident, namun pemimpin partai Jeremy Corbyn tegas menolak program tersebut dan meminta ada pengkajian ulang untuk mempertimbangkan posisi partai.

 

Sumber: BBC