Nov 262015
 

f-35 vs kf-x

Pejabat dari Lockheed Martin mengunjungi Korea pada tanggal 18 – 20 november dan berbicara dengan para pejabat DAPA. Selama diskusi, Locheed Martin menyatakan keputusan pemerintah AS juga menahan tiga teknologi lainnya, diantaranya teknologi integrasi sistem mesin ganda dan kemampuan semi siluman pada pesawat tempur.

Korea Aerospace Industries, pengembang utama proyek KF-X, dan Defense Acquisition Program Administration (DAPA) dilaporkan tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan sistem teknologi mesin ganda terintegrasi. Pada bulan Juli 2014, Kepala Staf Gabungan memilih pesawat dengan mesin ganda sebagai platform untuk program KF-X.

Dapa mengeluarkan siaran pers dan menyatakan bahwa putaran pertama pembicaraan tentang transfer 21 teknologi sedang berlangsung dengan Lockheed Martin dari 18 November 2015, Dapa juga menyatakan spesifik teknis akan ditentukan melalui konsultasi lebih lanjut. “Kami juga akan bekerja sama dengan pemerintah AS untuk mempercepat kelanjutan proses transfer teknologi ”.

Sumber-sumber di industri pertahanan mengatakan proyek KF-X mungkin menghadapi pemutusan karena kurangnya kerjasama dari AS. Mereka menyatakan Amerika Serikat enggan mendukung program pesawat KF-X Korea karena pesawat tempur tersebut terlalu canggih.

Terlalu canggihnya pesawat tempur KF-X dikhawatirkan akan menyaingi F-35, pesawat tempur siluman bermesin tunggal yang terus tertunda produksinya dan dirundung berbagai masalah teknis.

Bagikan Artikel :

  68 Responses to “AS Khawatir Pesawat Tempur KF-X Korea Lebih Canggih Dari F-35”

  1. kalo lebih canggih maka US harus belajar dari NKRI.. wkwkwkwk..

  2. lama ah dari kemarin maju mundur mulu gara” LM

  3. hebat.lanjutkan

  4. Klo LM +ASU terus menghalangi proyek KFX IFX yauda gk usah beli Viper. Gt aj koq repot. Slama msh bs blajar pke pespur lain gk menutup kemungkinan medium fighter di isi oleh Gripen, rafale atau thypoon. Coret Viper dr list.

  5. Artikel yg dahsyat tp sumbernya dr mn nihh bung PW.. klo gk ada sumber takutnya ntar dah terlanjur PD abis trnyata zonk.. hiksss..

    • sebagian dari korea jongang daily, sebagian analisa sendiri, kita mungkin masih ingat kasus jet tempur Lavi Israel yang diamputasi AS karena khawatir menyaingi pasar jet tempur F-16. AS pasti sudah menghitung jika Kf-X nantinya sukses diproduksi , pasti akan menyaingi F-35 yang terindikasi “produk gagal”.

  6. Kalo nggak mau lebih canggih ya kasih aja semua teknologinya.

    Semakin banyak teknologi dikurangi oleh US maka semakin lebih canggih IFX jika dibanding F35.

    Sebab akan dicari teknologi lain sebagai pengganti teknologi yg dikurangi.

    • betul bung dimana ada kesulitan disitu ada kemudahan.yg jelas proyek pespur ini akan mngalami keterlambatan produksi tapi tak mengurangi kecanggihan dan kehebatanx.mklum trlalu prcya dg ap yg bisa di lakukan engginer indonesia dan terobosan kemhan.slogan sedikit bicara bnyak bekerja.yg jelas sdh hampir 4 tahun engginer kita bekerja belajar buat pespur yg pastinya mereka sdh punya bayangan sebuah pespur.ayo kemhan ayo PT.DI

    • Betul2 bgt bang.
      Apalagi hasil Tender F35 nya Korsel di batalin Juga, maka Dana Riset KF-X akan lebih Melimpah !
      dananya bisa di alihkan untuk membeli Teknologi dari Negara lain.
      Aslinya , Korsel sudah menguasai semua teknologi yg di butuhkan untuk develop KFX,
      Krn saja untuk keperluan Marketing produk di masa depan, korsel tetep ada embel2 LM.
      kalau si “Gubuk Putih” nggak ngasih, Ya apa boleh Buat. TENDANG !

  7. …mmhhh…kalo Dari pasar…mungkin canggihnya hampir sama…tetapi harga lebih murah…kalo dalam hal strategis…hanya Indonesia sendiri…pemakai…penggabung…formasi tempur kekuatan block berat Dan Timur…( bayangkan formasi SU 35/mungkin PAKFA Dan KFX/IFX)mungkin itu yg ditakutkan USA,apalagi tetangga sebelah,…semoga proyek berjalan lancar…Korea Dan Indonesia…mungkin dpt memecah masalah terswbut kedepannya…(yg pasti kemampuannya pesawat tersebut diatas F 16 viper terbaru…)

    • Yang perlu kita khawatirkan nanti Korea akan di bisiki paman Sam ,jangan bagi ilmu dengan enjiner Indonesia ,.Kami cuma kasih ilmu cuma buat kamu bukan Indonesia …maka gagal deh dapat source code yang sangat vital. Dan semoga saja enjiner kita yang di Korea bisa lebih aktiv mencari sendiri jangan tunggu di bagi aja.

  8. nah lo…

  9. ini berita sebenarnya bikin kesel, tapiiii,… saya tersenyum menyadari kehebatan tandem indonesia dan korea,..

    dengan berbekal keunggulan ini sedikit-demisedikit teknologi tersebut akan di dapat…. Inshaa Allaah.

  10. Ini berita sebenernya bikin kesel,…… TAAAPIIII…… menyadarkan betapa khawatirnya USA akan kemampuan produk ini dan betapa hebatnya Tandem TIM (Angkatan Bersenjata, Designer, Engineer) Indonesia-Korea.

  11. yang jelas kfx/ifx akan lebih canggih dibanding superhornet oz dan f-16 block 52 rsaf. jadi 2nd tier pespur mereka akan kehilangan tajinya alias mati kutu. xixixixixixixi

    kira2 70 sh vs 50 ifx kansnya berapa ya ?
    kira2 50 f-16 block 52 rsaf vs 50 ifx kansnya berapa ya ?

  12. Kfir milik israel gagal, milik jepang juga gagal, semua krn dianggap USAng sebagai ancaman thd produknya atau keamanan negaranya. Sudah jelas tahu begitu, apa masih berharap dpt mengadopsi teknologinya??? bingung.com

    • Bisa jadi IFX KFX berpisah sampai disini, KFX dilanjutkan dng sistem dan mesin USAng krn atas permintaan USAng Indonesia harus keluar kalau KFX ingin dilanjutkan, IFX dilanjutkan sendiri dng sistem dan mesin Rusia, tapi keduanya punya model bentuk yang sama. Asyiik. Edisi ngimpi.com

  13. menunggu berita keputusan komitmen dr pihak korsel mengenai kfx/ifx apa masih di lanjut kan atau tdk sama sekali 🙁

  14. Buat Indonesia jng terlalu tergantung dengan LM..yg penting ilmu cara buat pesawat tempur & rancang bangunnya di dapat..nanti kekurangannya bisa diambil dari Swedia (SAAB), Francis (Rafale) atau Rusia (SU 35)..tetap SEMANGATTT..

  15. USA=ASU jdi jgn terlalu berharap pd kemauan asu

  16. bosen

  17. Hambatan dari US sebtulnya sdh bnyk diprediksi didepan, jauh jauh hari, namun KFX IFX terus didorong untuk jalan terus bahkan mencari alternatif sumber tekhnologinya..sdh pasti AS keberatan apalg ada RI disitu, seandanya pun RI beli Viper 24 unit+ F 35 12 unit, tetap tidak akan ada offset untuk TOT sthealth fighter,,namun alternatif selalu ada, bahkan seperti yg pernah diulas di WarJag ini ada pemilik technologi yg menunggu dipinang (meski blm battle proven),,dialah MIG, proyek MIG 1.44 menunggu pinangan,,setuju dengan Broo yg ulas proyek tsb,,andai saja technologinya dicangkokkan ke IFX, dimana RI memiliki kemampuan menggabungkan tech barat n timur…wowww,,,pasti ada solusi

  18. Dah jelas Asu licik.kita licik lagi dong.Indonesia jangan perpanjang Freeport kontraknya.Modar kowe Asu.Indonesia dapat 16 juta ton emas.kita bikin pesawat IFX generasi ke6.ngarep mode on.

  19. kalo mau yg lebih simple lagi gunain teknologi Artificial Intelegent (AI) aja..dengan begitu Pesawat tempur dapat terintegrasi dengan sistem Perang kerena semua sudah terprogram oleh ahlinya..tinggal rekruit aja ahli / tekhnisi komputer yang berpengalaman juga yg mengerti tentang seluk beluk Militerisme terutama dalam medan perang ( btw komentar gw ini nyambung gk y?? 😀 ) bodo amat yang penting sudah ikut andil dalam memberi komentar….:D

  20. Project kfx bakalan gagal total ,cari alternatif lain saja.kita tdk bisa bergantung dengan asu.

  21. Itu gambar pesawat sekilas ada merah putih nya…betulkah…,???? Pesawat ujikah…, mock up kah.. ato sotoshop entahlah…tapi tetap semangat….lanjutkan…

  22. Kalo kfx/ifx lebih canggih dari F35 emang kenapa sayang, takut kesaingan ?… rendah mental kompetisi ente !!.. heeee…

    • lebih canggih tidak mungkin, tapi.. kalau lebih murah bisa jadi lebih mengerikan.
      contoh antara smartphone samsung dan apple.. hehehe… bisa bangkrut industri amerika kalau dibiarkan, jadi wajar kalau si ASU menghalanginya, tapi Indonesia juga tidak bisa tinggal diam, untuk meju harus bekerja lebih keras dan lebih alot dalam mencari terobosan.
      disamping itu sudah dapat diduga bahwa perkembangan RnD di ASU lambat,
      jangan tiru israel dan jepang, begitu dihambat si ASU langsung memble.
      Indonesia tempat para pejuang lahir, jadi tidak ada yang tidak mungkin di bumi Indonesia.
      Merdeka atau Mati!
      salam.

  23. Kita lebih Khawatir Proyek akan berhenti ditengah jalan akibat tekanan AS ke Korsel…mending batal diawal daripada sudah dikirim duitnya tapi ditengah jalan gagal krn mana mungkin sih Korsel akan ngotot bila ditekan AS krn semua Alutsistanyanya berasal dari AS serta Produk Lisensinya juga berasal dari AS

  24. Ane sangat terharu, tak terasa airmata basah di pipi….. semoga Jokowi merealisasikan ucapannya karena itu merupakan harapan mayoritas rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Papua pada khusunya…

    terima kasih bung Hero atas upload komennya…. salam NKRI…

  25. Sejarah baru sedang ditulis. Alhamdulillahirobbil’Alamiin…

  26. saya masih gagal paham dengan tulisan diatas apakah seperti itu terucap dari mulut seorang presiden yg menghendaki kontrak freeport di putus….

  27. menurut pandangan saya…kalo memamg america g mau memberikan tekhnologi kfx/ifx kpd indonesia…mendinh tutup j freeport dpapua…toh jg g ad gunanya…kita memiliki daya tawar lbh tinggi dibandingkan asu

  28. solusi untuk kfx dan ifx ad di korea sendiri.serahkan blue desain dari fa 50 ato kf 16 ke engginer PT.DI untuk di teliti dan di analisa cara kerjax kfx dan ifx di pastikan akan trbang.hx mngkin kurang radar aesa yg trmasuk 4 teknologi inti.jadi jangan ragukan engginer PT.DI mereka hebat2.tolong jaga keselamatan dan keluarga mereka pak gatot.kenyamanan keluarga dan mereka sangat penting untuk kelangsungan pespur ifx.jgn sampai trjadi seperti engginer rusia yg mati d makasar.

  29. Dahulu pada saat pertama kali artikel kerjasama Indonesia dan Korea Selatan dlm pembuatan pespur kfx/ifx dibahas diforum ini, saya sempat menanyakan pamor f35 nantinya jika kfx/ifx kepada penulis.
    Berdasarkan pengalaman, setiap kerjasama pembuatan pespur dng Amerika pasti berakhir dng kegagalan atau kualitas yg jauh dibawah dr kemampuan pesawat Amerika. Contoh pertama saat Israel ingin membuat pesawat sekelas f16 akhirnya gagal dan lebih melanjutkan kfir. Lalu saat jepang ingin mandiri utk membuat pespur sekelas f16 pun mengalami kegagalan yg akhirnya memproduksi f15 berdasarkan lisensi namun kualitasnya tidak sebaik F15 Amerika dan hanya boleh digunakan utk jepang saja tidak dapat dijual ke luar. Yg terakhir adalah dng Taiwan dlm memproduksi pespur Cing Quo. Setelah proses yg alot akhirnya pespur bisa diwujudkan, namun dng jumlah yg terbatas dan tdk boleh dijual keluar.
    Intinya Amerika akan memproteksi produk pespur mereka agar tetap berjaya dipasar international tanpa ada pesaing kecuali dr Rusia.
    Lihat bagaimana Amerika menjegal Rafale Francis yg walaupun sekutunya di NATO. Begitu jg dng Tornado Inggris dan Eurofighter Thypoon. Begitu terseok seok mereka memasarkan produknya.
    Lalu F/A 50 Golden Eagle yg sempat dijuluki baby falcon yg selalu dikontrol ketat oleh Amerika utk pemasarannya. Demikian pula dng JAS Gripen bernasip sama karena ada teknologi Amerika didalamnya.
    Lalu bagaimana nasib kfx/ifx.? Kelak kfx/ifx akan sehebat bahkan lebih unggul dr f35 walaupun promosinya hanya setingkat diatas f16 namun dibawah f35. Maukah LM dan Amerika membiarkan itu terjadi.? Apalagi kelak harganya jauh lebih murah dari F35 bahkan pespur Eropa sekalipun. Akankah LM merusak pasar mereka sendiri.? Saat ini saja pembeli F35 mulai berhitung ulang mengingat mahalnya produksi. Belum lagi belum tuntasnya permasalahan yg terjadi di F35 itu sendiri. Relakah mereka melepas pangsa pasar mereka kepada kfx/ifx yg kelak akan lebih lincah dr pada si tambun F35.?
    Sebagai gambaran bahwa kelak Kfx/ifx lebih hebat dari f16, Super Hornet maupun F15 SE bahkan dng F35 srkalipun jika 25 teknologi itu benar” diberikan.
    Lalu kelas kfx/ifx dimana? Tentu lebih unggul dr F35 namun masih dibawah Raptor maupun Pak Fa.
    So….masihkah LM mau bermurah hati memberikan semua teknologi f35 pada korea selatan?
    Semua alasan bisa dibuat demi menciptakan pespur kualitas rendah but kfx/ifx namun masih bergantung pada teknologi mereka.
    Namun kita harus tetap optimis bahwa IFX pasti akan terwujud sesuai keinginan Indonesia khususnya TNI AU.
    Salam damai NKRI.

  30. Hahaha …. jika itu betul. Tapi itu hak amerika. Kalau lebih murah hampir pasti. Indonesia ini kalau punya kemampuan sama, bisa jual lebih murah. Tenang, kalau nggak boleh bisa dapat dari tempat lain.

  31. itu gambar yg ada bendera merah putih sotoshop ya???

  32. Not easy as u can see….
    Not easy as u can say….

  33. Terlalu didramatisir dan ANEH, …… Lha membahas isu yang sensitif dan berat begitu di media umum, bukan di ruang rapat terbatas yang tertutup dr media dll.
    Tp intinya semoga benar adanya bhw kontrak karya freeport DI STOP SAAT INI JUGA !!!

  34. Sudah tahu si ASU BIANG KEROK, lha kenapi kita mau saja dikadalin si asu, ……… makanya segeralah Indonesia bergabung dgn BRICS, ……. !!!

  35. ini berita bagus,,,semakin sedikit tekhnologi yg diperoleh dari USA,berarti semakin cepat proses kemandirian bangsa dlm hal tekhnologi pespur,kebiasaan manusia itu hampir sama,semakin banyak tantangan dan semakin banyak hambatan maka semakin nekad pula kita bekerja,semoga ilmuwan kita berhasil menciptakan sendiri tekhnologi yg tidak didapat dari USA dan harapannya bisa lebih canggih dari tekhnologi USA,,,dan ini bukan mustahil krn anak bangsa kita punya bakat yg luar biasa dan kecerdasan diatas rata”,,,dan bukan mustahil pula jika akhirnya justru USA yg akan terkagum kagum dgn prestasi bangsa kita,,, jgn berhenti,tunjukkanlah pada dunia bhwa kita bangsa yg cerdas dan pekerja keras,,,,bravo IFX,,!!

  36. setelah memeriksa KOREAN TIMES bahasa Inggris ternyata benar tertulis bahwa indonesia adalah importir alutsista terbesar Rusia dalam 5 tahun terakhir

    enggak menyangka kalau lem aibon dan kecubung bisa sampai Korea … turut bangga …

    India sama China pada kemana ya ? … kikikikih …

  37. AS mungkin menyimpan sebuah kekhawatiran bila kejadian “Rivalitas” antara Samsung dan Iphone jilid 2 bakal terulang kembali dibidang lainnya! .. dimana realitasnya membuktikan bahwa Samsung Korea begitu mendominasi dan menggerus pasar IPhone, .. sehingga bukanlah sebuah kebetulan belaka bila proyek KFX Korea bisa jadi jauh lebih unggul dari F-35 yg dimilki oleh AS, sehingga sebagai jawabannya AS mengantisipasi semua teknologi2 yg dianggap sensitif yg diperkirakan KFX tidak bakal unggul dari kecanggihan F-35!

    Selanjutnya keterlibatan Indonesia di proyek KFX ini tampaknya tidak dipandang sikap seserius AS sebagaimana kepada pihak Korea, karena Indonesia tampaknya sudah menjadi sebuah target “obyek kepentingan” yang lainnya dari pihak AS sendiri!

  38. Ya wajar saja… semua negara juga bgtu…
    coba minta sama Rusia pasti harus keluar banyak biaya, min. pasti disuru, beli SU-35 4 skuadron
    btu jga Rafale (Dassault), Eurofigther atau SAAB.
    Mana mungkin ada negara yg mau usaha dan kerjanya selama ini dikasi bgtu saja sma yg lain.

  39. Sabar bung opend mind..@.. Sebentar lg semua akn berakhir….. bersabarlah 5 th ini,, dan 2 th sebelum pemilu,,, Mari bersiaplah melawan kembali PENCITRAAN yg di buat media, yg di sinyalir masih bayaran para cukong…..
    Misal Prabowo sekalipun melakukan pencitraan itu,, “KAMI AKAN LAWAN”..!!!
    kami mau PEMIMPIN yg tidak di sandra para cukong yg memodali dia di pemilu… lebih baik presiden di sandra partai dr pd di sandra cukong….

  40. tahun 2014 katanya tahun puasa alutsista, tapi UK melaporkan bahwa RI adalah pembeli terbesar kedua setelah Arab Saudi di tahun 2014

    1.ARAB SAUDI = USD 1,7 MILYAR
    2.INDONESIA = USD 306 JUTA
    3.SWEDIA = USD 211 JUTA

    masih penasaran dengan Rusia berapa nilainya ya ?

  41. ini beneran atau dagelan ya ? hati2 lho karena artikel di atas mencatut nama presiden. kalau benar ya alhamdulillah.

  42. helikopter agusta ( ingris-Italy) konon pintu masuk untuk mendapatkan teknologi bagi pengembangan KFX/IFX dan changbogo (AIP) banyak jalan menuju romaaaaaa

  43. masih teringat statement dari mantan Presiden RI ke 3 & mantan Menristek Bpk Bj Habibie, beberapa tahun yang lalu “membuat pesawat tempur itu mudah
    -CMIIW-

    NKRI punya Bpk BJ Habibie yang jenius, serta 2 putranya yang jenius pula, kenapa tidak dirangkul untuk mengembangkan IFX ?

  44. TEST Warna hihihihihiiiiiiiiiiiiiiiii

  45. TEST Warna
    hihihihihiiiiiiiiiiiiiiiii

 Leave a Reply