Turki Rilis Rekaman peringatan Terhadap Jet Rusia Su-24

Pesawat SU-24 milik Rusia ditembak jatuh militer Turki
Turki Rilis Rekaman peringatan Terhadap Jet Rusia Su-24 1

Pihak militer Turki merilis rekaman audio peringatan terhadap jet tempur Rusia Su-24 sebelum ditembak jatuh di dekat perbatasan Suriah.

Seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (26/11/2015), dalam rekaman, terdengar pilot pesawat tempur Turki mengatakan: “Ubah arah terbang kalian”.

Pihak militer Turki menyatakan telah mengundang militer Rusia untuk datang ke markas mereka dan akan memberikan penjelasan mengapa pesawat Rusia ditembak jatuh. Turki mengatakan bahwa tindakan itu diambil sesuai dengan aturan yang berlaku setelah jet Rusia tidak menghiraukan peringatan.

Selain itu, Angkatan Bersenjata Turki juga mengatakan telah melakukan serangkaian upaya untuk menemukan dan menyelamatkan pilot pesawat Rusia. Mereka juga telah menghubungi pihak militer Rusia di Moskow dan menyatakan kesiapannya untuk melakukan semua jenis kerjasama dengan Moskow.

Sebelumnya, Navigator pilot Rusia yang berhasil selamat dalam insiden itu mengatakan tidak menerima peringatan dari Turki.

“Tidak ada peringatan, baik oleh audio atau visual. Tidak ada kontak apa pun,” kata Konstantin Murakhtin, navigator pilot Su-24 yang ditembak jatuh oleh Turki.

“Jika mereka ingin memberikan peringatan kepada kami, mereka bisa menunjukkan diri mereka dengan mengambil posisi paralel. Namun tidak ada. Dan rudal menghantam ekor pesawat kami secara tiba-tiba, kami tidak punya banyak waktu untuk melakukan manuver,” tuturnya lagi.

Murakhtin juga menyatakan dirinya tidak mungkin tidak mengetahui jika ada peringatan dan dirinya yakin bahwa mereka belum memasuki wilayah Turki.

“Saya bisa melihat dengan sempurna pada peta dan di tanah dimana wilayah perbatasan itu dan di mana kami berada. Tidak ada tanda bahaya jika kami telah memasuki wilayah Turki,” pungkasnya.

Leave a Comment