Tensi Memanas, Turki Siapkan Kekuatan Tempur

Tank Angkatan Darat Turki
Turki merespon sikap rusia yang mulai mengerahkan kekuatan tempurnya ke perbatasan Suriah. Sumber-sumber militer Turki mengatakan, Ankara telah memindahkan sejumlah tank dengan kereta api ke brigade pasukan lapis baja di daerah perbatasan yang berdekatan dengan perbatasan Suriah.

Dikutip dari laman Mirror, Kamis (26/11/2015), Turki telah memindahkan 20 tank ke wilayah perbatasan setelah ketegangan terjadi diantara kedua negara pasca insiden ditembaknya jet tempur rusia Su-24.

“Dikawal oleh polisi dan jaksa, 20 tank dikirim dengan kereta api dari provinsi sebelah barat Turki ke Gaziantep di selatan nehara itu, dan kemudian diarahkan ke perbatasan Suriah,” ujar sebuah militer.

Tidak hanya itu, sebuah laporan lain mengatakan bahwa Turki juga mengirim 18 jet tempur untuk berpatroli di wilayah perbatasan.

Jet F-16
Dalam mengamankan wilayah udaranya, Angkatan Udara Turki mengoperasikan 236 jet tempur F-16C/D Fighting Falcon. Masing-masing terdiri atas F-16C sebanyak 176 unit dan pesawat F-16D berjumlah 57 unit.

Selain itu, Turki juga memiliki 47 unit pesawat tempur McDonnell Douglas F-4 Phantom II tipe F-4E Terminator 2020. Seluruh pesawat yang dipakai Turki merupakan berjenis multiperan yang bisa dipakai untuk pertempuran udara maupun pengeboman. Seluruh pesawat ini telah menjalani proses memodifikasi dan peningkatan.

Kekuatan Angkatan Udara Rusia
Jet Su-24
Rusia telah mengirimkan armada tempurnya ke Suriah untuk membantu pemerintahan Bashar al-Assad, menghancurkan ISIS.

Rusia telah mengirimkan bantuan udara sebanyak 69 pesawat tempurnya ke Suriah, di antaranya bomber Su-34, Su-24M, dan Su-25, Si-30SM dan Su-27SM3. Tak hanya itu, sejumlah helikopter juga ikut diterjunkan, antara lain Mi-8 and Mi-24.
Sementara di dalam negerinya, Rusia mengoperasikan 1.434 unit berbagai jenis pesawat tempurnya, itu belum termasuk pesawat bomber seperti Tupolev Tu-22, Tu-95 dan Tu-160.

Selain itu, Rusia juga masih memesan 375 pesawat lainnya yang masih dalam proses pembuatan maupun peningkatan kemampuan. Jumlah tersebut terlihat jauh lebih besar dibandingkan jumlah pesawat tempur yang dimiliki Turki.