Kim Jon Un Semakin Tak Terarah

Pyongyang – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dikenal dengan perilaku unik. Kali ini pria Korut diperintahkan memiliki gaya rambut serupa dengannya.

Perintah yang dikeluarkan ini sepertinya tidak main-main. Tukang cukur dan pejabat setempat berpatroli di jalanan dengan gunting rambut, memastikan semua pria memiliki potongan sepertinya. Demikian diberitakan The Sun, Jumat (27/11/2015).

Dengan gaya rambut tipis pada bagian kedua sisi dan rambut yang tebal di bagian atas, menunjukkan ciri khas dari Kim Jong-Un. Gaya rambut ini juga disukai oleh ayahnya, Kim Jong-Il serta sang kakek, Kim Il-Sung.

Potongan rambut itu juga dikenal dengan sebutan “gaya ambisius” di Negeri Komunis tersebut. Tidak hanya gaya dari Kim Jong-Un, kalangan perempuan Korut pun juga harus mengikuti potongan rambut istrinya, Ri Sol-Ju.

Perintah baru dari Kim Jong-Un ini membawa berkah untuk para tukang cukur di negara itu. Tukang cukur tiba-tiba kebanjiran pelanggan yang ingin mencukur rambutnya dengan potongan Kim Jong-Un.

Pria-pria pun berbondong-bondong mengantre di tempat cukur karena mereka tidak ingin terkena hukuman jika tidak mengikuti perintah.

Sejak berkuasa usai kematian ayahnya Kim Jong-Il pada 2011, Jong-Un terus membangun basis kekuasaannya dengan beberapa langkah aneh.

Menteri Pertahanan Kim Chol sempat dipenjara karena dianggap tidak cukup menunjukkan rasa duka saat kematian Kim Jong-Il. Sementara pamannya, dieksekusi pada 2012 karena dianggap tidak mematuhi perintahnya.

Satu tahun setelah mengangkat diri sebagai pemimpin, Kim Jong-Un memerintahkan ucapan “Long Live General, the Shining Sun” atau “Jayalah Sang Jenderal, yang Membawa Pencerahan” di sebuah bukit.

Metrotvnews.com