F-4 Phantom II Tiada Duanya

McDonnell Douglas F 4 Phantom II

Selama tahun 60-an, 70-an, dan 80-an Angkatan Udara AS, Angkatan Laut, dan Korps Marinir menerbangkan varian berbeda ikon McDonnell Douglas ini. Ada sesuatu yang ajaib pada kekuatan afterbuner dua mesin J-79 miliknya. Jika istilah “blue-collar” di dunia penerbangan maka hal itu pasti berhubungan dengan McDonnell Douglas F-4 Phantom II. Sebutan sayang untuk pesawat yang juga dijuluki “Double Ugly” dan “Rhino itu.

Ada sedikit pesawat dalam sejarah yang telah memainkan begitu banyak peran penting dan sukses seperti F-4. Dari pertempuran udara ke udara dan udara ke darat untuk recce dan SEAD, F-4 adalah ikon kecerdikan penerbangan Amerika dan superioritas udara. Lebih dari 5.000 dari mereka bergulir dari jalur perakitan. Dia terbang untuk pertama kalinya pada tahun 1958 dan masih dalam pelayanan dengan beberapa negara hingga saat ini.

Sebanyak 5.195 pesawat diproduksi lebih dari dua dekade, dan mereka telah dimanfaatkan dengan baik oleh 12 negara yang berbeda selama lebih dari 50 terakhir. Hantu ini telah mencetak total 306 kemenangan udara, 151 dari mereka dilakukan oleh pilot Amerika Serikat. Dan dia masih merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan.