JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 302015
 

tni-perbatasan-1

Jakarta – Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di daerah agar semakin merata. Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan Presiden Joko Widodo punya target sendiri.

“Target presiden, wajah perbatasan Indonesia harus 100 persen lebih baik dari negara tetangga,” kata Menteri Dalam Negeri saat sambutan di Rakor Pengelolaan Perbatasan tahun 2015 di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Tjahjo merupakan Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Menko Polhukam Luhut B Pandjaitan dan Tjahjo memiliki agenda untuk meninjau daerah-daerah perbatasan Indonesia.

“Pak Luhut sudah cukup lama di NTT, ada dua perbatasan, termasuk pembangunan asrama tentara, ada dua polsek yang perlu diperbaiki. Saya ke Saumlaki. Nanti Pak Menko kami mohonkan meluangkan ke perbatasan Filipina, permintaan Danlanud untuk perpanjangan (lintasan),” kata Tjahjo.

“Kemenhub mau bantu lampunya biar malam pesawat hercules bisa beroperasi. Kedua, pembangunan Pelabuhan Sebatik dan Nunukam. Untuk Entikong, kesiapan PU sudah, TNI sudah siap bangun jalan, hanya tower untuk kominfo harus ditentukan. Terakhir kami ke Sekou. Di Merauke kami telah menyelesaikan peresmian dua koramil di perbatasan, jadi secara keseluruhan Sabang-Merauke, semua sudah bisa diterbangi,” lanjut politisi PDIP itu.

Kondisi jalan di perbatasan setelah diguyur hujan

Kondisi jalan di perbatasan setelah diguyur hujan

Hingga akhir 2015 ini masih ada 187 yang perlu dioptimalkan. Sebanyak 38 kecamatan yang belum memiliki puskesmas. Mendagri pun meminta agar menteri kesehatan mengalokasikan dana supaya dibangun rumah sakit kecil.

“Ada RS kecil, khususnya RS rujukan di tiap kabupaten,” tukas mendagri.

Meski belum sempurna, di pulau-pulau terdepan sudah ada ikon yang menunjukkan identitas Indonesia. “Ada beberapa pembangunan patung garuda di perbatasan terluar. Saya sudah resmikan patung garuda dan patung Yesus di Wasior di Papua Barat. Menghadap ke Filipina,” ujarnya.

Lantas bagaimana kelanjutan mengenai konflik-konflik perbatasan Indonesia dengan negara-negara tetangga?

“Perbatasan memang masih belum selesai. Baru di Papua Nugini, tapi patok-patok juga masih belum selesai,” jawab Tjahjo mengakhiri.

Detik.com

Bagikan:

  16 Responses to “Perbatasan Harus 100% Lebih Baik dari Tetangga”

  1.  

    Mantap… pertamax.

  2.  

    Mantap…
    Lanjutkan…

  3.  

    Mantap
    Maju trus pak jokowi

  4.  

    Nhaaa begini kan enak….

  5.  

    Harusnya pos TNI yg diperbatasan juga di perbaiki, ,jgn terbuat dr papan atau kayu,,klo ditembakin musuh atau GPK mw berlindung dimana?? Aplg klo di lemparin mortir,,gmpang ancur..bikin yg modern dan kokoh,,hrs ada menara pengawas yg tinggi dan lampu tembak,,ada terowongan tuk menyelamatkan diri jika terdesak,,tmptkan berbagai mcm alutsista yg strategis,,klo dh komplit baru deh yg lain2,,sprti jalan,listrik,air brsih,RS,sekolah,pasar,,dll…

  6.  

    kayaknya jalan yg harus dibangun lbh dulu tuh..

  7.  

    Semua jadi lebih jelas progressnya kalau kaya begini.

  8.  

    Pemerintahan kemarin kemana aja ya??trimakasih pak jokowi.walaupun sy jauh dr daerahbperbatasan tp saya bangga anda mau peduli dgn daerah terdepan nkri.tunjukan bhw kt memang lebih kaya dr negara tukang claim itu dgn mengebut pembangunan didaerah terdepan nkri.

  9.  

    Kabar yg menyejukkan….. semoga cepat terealisasi…

  10.  

    Ya ditunggu saja gimna hasil konkretnya dalam 3-4thn kedepan apakah modernisasi daerah perbatasaan hanya retorika seperti yg sebelum2nya ato ada tindakan nyata utk mewujudkannya

  11.  

    semoga cepat terwujud

  12.  

    itu yg lg sebelahan sama motor bebek, apakah si COLIBRI??? member jkgr yg punya sejuta fans malon

 Leave a Reply