Jual Su-35 Ke China Dan Indonesia, Rusia Mendapatkan Uang Dan Teman

93
366

Su-35_600x400

Indonesia Dan China Resmi Membeli Jet Tempur Paling Canggih Rusia, Su-35. Total nilai kontrak yang menguntungkan Rusia dari penjualan pesawat jet Su-35 itu mencapai USD 2 miliar atau lebih dari Rp 27 triliun.

Indonesia akan membeli pesawat jet Su-35 Rusia setelah Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, meneken dokumen alutsita beberapa waktu lalu. Indonesia membutuhkan pesawat tempur canggih tersebut untuk menggantikan pesawat F-5 atau dikenal sebagai pesawat tempur Tiger II yang memang sudah tua.

Media Australia, news.com.au, pada Senin (30/11/2015) menyoroti pembelian pesawat tempur canggih Rusia oleh Indonesia itu. Kesepakatan Rusia dengan Indonesia, menurut laporan media itu, akan berdampak pada ketidakseimbangan kekuatan militer Asia.

Meski demikian, Indonesia tidak membeli lengkap satu skuadron Su-35 yang berjumlah 16 unit. Kepala Staf Agkatan Udara Indonesia, Marsekal Agus Supriatna, beberapa hari lalu menyatakan, Indonesia kemungkinan hanya membeli sekitar 12 unit atau sesuai kemampuan finansial Indonesia.

Sedangkan China juga berambisi memiliki pesawat jet tempur Su-35 demi menegakkan kontrol atas wilayah Laut China Timur dan Laut China Selatan yang sebagian besar sudah diklaim Beijing.

Rusia kini mengumumkan, dengan kesepakatan kontrak senilai USD 2 miliar, mereka akan menyerahkan 24 unit pesawat dengan teknologi dan manuver luar biasa itu kepada China dan Indonesia tidak lama lagi.

Rusia sendiri memiliki kepentingan dalam penjualan jet tempur Su-35 kepada China dan Indonesia. Rusia saat ini membutuhkan teman, setelah terisolasi akibat krisis Ukraina, aneksasi Crimea dan krisis Suriah.

Rusia juga membutuhkan dana setelah berkali-kali dijatuhi sanksi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya terkait krisis Ukraina.

SindoNews

93 COMMENTS

  1. Yonhap menyesal mendengar berita nya…oh ya ampyunnn…
    Wkwkwkwk
    Pembelian Su35 membuat tidak seimbang kekuatan militer di Asia…kalo beli Viper baru seimbang ya…..wkwkwkwk….
    Australia mual mual deh…F35 vs Su35…..menjadi kenyataan….
    Huhuyyyyyyy

  2. mau nyesel mau kagak….
    ra urus.
    mau tot mau kagak. mau ngeteng mau kiloan kodian se bodo teuing….
    mau moncer mau kagak, mboh wes….
    daripada bertahun-tahun dari jaman bàhula punya pesawat kagak bisa nembak jauh….

  3. sejatinya mau dari blok timur/barat negara tetangga selalu bikin ulah…contoh dari penamaan kapal perang ditambah jamming pespur sukhoi.
    Kalau mereka membeli alusista yg sangat modern RI tidak pernah usil mengurusi mereka…jelas disini terlihat mana kualitas trah pejuang sejati dan boneka.andai saja kualitas tersebut disinergikan bersama kualitas pemerintahan yg solid ( bebas kepentingan politik dan KKN ) saya yakin 100% dapat menghancurkan negara” parasit yg selalu mengumandangkan HAM…dan nekolim nya.
    Saatnya rapatkan barisan demi Kedaulatan negara.

  4. 24 unit = 12 Indonesia + 12 China. Masa’ iya sekaliber China hanya beli 12 unit? Atau mungkin ini baru untuk kloter pertama sesuai kapasitas produksi pabrik untuk kedua negara? Atau 12 x 5tahun = 60 unit untuk Indonesia? seperti menhan sebelumnya pernah bilang “Indonesia beli 6 (0) unit”…. 🙂 Wajar saja Sonotan merinding….

  5. Rusia kini mengumumkan, dengan kesepakatan kontrak senilai USD 2 miliar, mereka akan menyerahkan 24 unit pesawat dengan teknologi dan manuver luar biasa itu kepada China dan Indonesia tidak lama lagi….Mmmmmm.????

    24 china, dan 24 lagi…..???? 12+12=24

  6. Hehehhehehehehehe… Yg kemaren bikin galau dan panik ausit di pitckblack emang su27 atau su30…? Wkwkkwkwkwkwkwk… Casingnya iya.. Enjin dan avioniknya..?huehehehehhehehehehehhe… Klo cuma mau test mesin asli su30 yah oprek aja punya malon… Tp punya TNI ini ga tahaannnn bebbb…. Lha iya wong lawan beratnya F35.. bhkan lawan seimbang dan sepadannya F22 raptor… Asu paling khawatir varian ini di produksi massal…

  7. Pespur keluaran terbaru dari barat dan timur kok pke angka 35 semua ya.. SU 35, mig 35, f 35.. Kok kesannya kompakan gitu ya? Hehehe 🙂

    Btw.. Ditungga kapan ifx nya terbang dimari.. NKRI harga mati ! 😮

  8. Hehehhehehhe… Numpang muntah bung Barca…sehat selalu utk anda bung….
    Mari kita lihat benang merahnya dgn muntahan terdahulu :

    3. Su-35SI Super Flanker 72 16-2014, 28-2015, 28-2016 Termasuk ToT penuh rudal AAM, sistem EW, radar AESA, IRST.

    Lihat statement ksau :
    “Meski demikian, Indonesia tidak membeli lengkap satu skuadron Su-35 yang berjumlah 16 unit. Kepala Staf Agkatan Udara Indonesia, Marsekal Agus Supriatna, beberapa hari lalu menyatakan, Indonesia kemungkinan hanya membeli sekitar 12 unit atau sesuai kemampuan finansial Indonesia.”
    Pertanyaannya apakh yg 4 merupakan mutan yg pernah latian duel dgn hornet asu..?shgg menang telak..?xixiixixixiixi….
    Apakah TOT dimuntahan tsb yg membuat RI punya Plan B utk IFX…? Dgn 4 technology inti yg tdk. Asu..? Hehhehehehehehhehe….. Silahkan membully saya….hahahhahahahaha

    • Hehehehhehehe.. Terusin aahh muntahnya….
      Mengapa pembelian thn 2014…? Test drive 2 thn pake mutan.. Klop dgn begitu RI sebagai pembeli dan pngguna pertama diluar rusia…Dan begitu barang mau dtg baru dah diumumin… Masa nunggu 2 thn lagi..?xixiixixixixi…kelamaan atuh… Artinya delivered 2016 itu tdk lama lagi…persisi kata om ruski…
      Lihat statement artikel :
      “Rusia kini mengumumkan, dengan kesepakatan kontrak senilai USD 2 miliar, mereka akan menyerahkan 24 unit pesawat dengan teknologi dan manuver luar biasa itu kepada China dan Indonesia tidak lama lagi.” Hehehehhehehe… Tahun depan mulai keluar dari dunia goib….xixixiixixixixi…
      Sarang goib skrg di isi Pakfa dgn black labelnya..wkwkkwkwkwkwk….

      • salam sehat bung BW, betul bung, di media cetak kmrn ane sempat baca klo su 35 akn datang pertengahan 2016, klo gk salah itu statemennya danlanut iswahyudi ( klo gk salah), yg ane heranin br pesen kok udah mau dateng aja tahun depan 16 biji pula.

      • Saya kok masih berpendapat ya , kala kedatangan pengiriman Su-35 itu adalah bentuk legalitasnya type pak-fa yang dilabur su-35 ,
        so bagaimana dengan Su35 sendiri , sudah pernah wara- wiri terbang mulai tahun 2014 ,

        apa benar ?

        colek Bung BP, BW dan lainnya
        saya tak sendakep di bilik termenung milik Bung Colibri

      • Hehehhehe.. Salam kenal bung Stary Night..sehat selalu bung.. Kalo saya mabok lem takol bung..ngisepnya sekarang maboknya 3 hari lagi..wakakkakakakak… Mau tau rasa mabok knalpot bajaj silahkan tanya bung TT(tkg Tipu).. Klo mabok pisang tanya bung Colibri dan piarannya.. Kalo mabok ayam kampus tanya bung Mj yg msh abg.., kalo mabok angka tanya bung Phd..kebiasaan ngitungin belanjaanMenhan..xixiixixixiixixi… Nah ini yg agak susah kalo mabok kecubungtanya sama bung BP hehehehe.. Yg kadang nongol kadang nyelem.. Kayak pelampung statis scorpene malon lagi latian nyari ikan..hihihiihihihihii…

      • Hwkwkwk….
        Salam kenal juga bung @Bakul Wajan.

        Ah..bung BP buka kartu nih, g enak tuh catut nama yg lain.. ntar kna sidang diMKD, wkwkkwkwk…

        *NB: analisa nya asik bung, sangat membuka fikiran brsama, & semoga saja brjalan lancar sesuai rencana.

  9. Maaf, dapat Anda berikan link ke sumber Anda untuk “Rusia kini mengumumkan, with Kesepakatan Kontrak senilai USD 2 Miliar, mereka akan menyerahkan 24 unit yang Pesawat DENGAN Teknologi dan manuver-luar biasa ITU Kepada China dan Indonesia TIDAK lama Lagi.”?

    Aku memandang cerita asli darihttp://www.news.com.au/technology/innovation/military/asian-arms-race-russia-sells-its-su35-flanker-to-china-indonesia/news-story/699daba95050ed070b93532b12db2954, tapi cerita ini hanya menyebutkan bahwa pengiriman ke China akan segera dimulai.

    Terima kasih banyak.

  10. huraaaa bung Antonov turun gunung, numpang tanya bung, ntu barang (su 35) klo pertengahan 2016 dikirim brarti kontraknya dah jauh2 hari dong, kecuali rusky dlm waktu 6bln lbh bisa nyelesaiin 24 unit, salam sejahtera bung Antonov

    • 14 unit saja dampak nya instabilitas dkawasan bung, gmn klo lebih dari itu..(ttangga pd demam, meriang panas-dingin).

      Clue2 Ghoibiah Al Maunah nya sdh di babar oleh rekan2 kita diatas bung @CAG…
      kembali ke kita sendiri akankah mempercayai hal2 yg ghoib itu?
      Hwkwkwkwkw……

  11. panglima bilang hanya 1/3 dari kekuatan kita yang diketahui asing,.. hehehe
    INGAT DI JKGR BAX AGEN2 ASING BERMUARA DAN MENGINTIPI INFO DR STIAP BLOG MLITER INDONESIA SY MERASA AGEN2 AUSIT ITU BAX DI INDONESIA APLGI SI UPIL

  12. Pertama2 SU 35 dulu…
    Setelah itu Kilo/Amur…
    Lalu Leopard Revolution…
    Kemudian ditutup dengan S-400..

    Waktunya kita rebut kembali Timor, Sabah dan Serawak…

    Untuk Brunei kita tawarkan bergabung secara damai (gak baek berantem sama adik sendiri)

LEAVE A REPLY