Pemantapan Batalyon Infanteri Korps Marinir

Malang – Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman meninjau prajurit Brigif-1 Marinir yang melaksanakan Latihan Pemantapan Batalyon Infanteri Korps Marinir di Sendang Biru, Malang Selatan,(27/11/2015).

Komandan Pasmar-1 yang didampingi Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Imam Sopingi, Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir I Made Sukada, disambut Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Sugianto, selalu Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) dan Pasops Lattap Yonif Letkol Marinir Edi Prayitno.

Kegiatan yang ditinjau adalah Latihan tahap 1 atau tahap laut dengan materi latihan, renang laut, dayung perahu karet, menembak di atas perahu karet, menembak dari laut ke darat dan mounteineering.

Orang nomor satu di Pasmar-1 itu mengharapkan seluruh prajurit agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh dan mematuhi semua aturan yang diberikan pelatih sehingga semua materi yang dilatihkan dapat terlaksana dengan baik dan aman dengan selalu menjaga faktor keamanan, sehingga latihan benar-benar zero accident.

Sementara itu, Kolonel Marinir Sugianto, selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) mengatakan, latihan pemantapan batalyon infanteri Korps Marinir tahun 2015 dilaksanakan selama 24 hari mulai 26 November hingga 18 Desember 2015 di daerah latihan Purboyo, Malang Selatan dengan melibatkan 1.137 prajurit yang terdiri dari 192 prajurit sebagai pendukung dan 945 prajurit sebagai pelaku yang berasal dari batalyon dijajaran Brigif-1 Marinir.

Materi yang dilatihkan, meliputi Tahap 1 (Laut) dengan materi renang laut, dayung perahu karet, menembak di atas perhau karet, menembak dari laut ke darat dan mounteineering. Tahap 2 meliputi Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP), penyeberangan sungai, operasi hutan dan gunung, serangan perkubuan. Tahap 3 (Operasi Darat) meliputi GMUK, serangan, pertahanan, menembak, patroli penyelidik, patroli tempur dan pemindahan ke belakang.

Dispen Kormar