Des 012015
 
The wrecked cockipt of the Malaysia Airlines flight MH17 at the Gilze Rijen airbase on October 13, 2015

The wrecked cockipt of the Malaysia Airlines flight MH17 at the Gilze Rijen airbase on October 13, 2015

Polisi Belanda menagkap seorang petugas yang mencoba menjual souvenir secara online yang dikatakan berasal dari puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh di atas Ukraina tahun lalu.

Pria itu ditangkap karena penggelapan. Penyelidikan telah dilakukan dan orang itu kini ditahan, kata polisi dalam sebuah pernyataan Minggu, 29/11/2015.

Dia mencoba untuk menjual “sepotong pakaian yang ditemukan di lokasi kecelakaan” ketika tim sedang menyelidiki bencana yang melibatkan pesawat terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur, itu.

Semua 298 penumpang MH17, sebagian besar warga Belanda, tewas ketika pesawat itu dihantam rudal BUK buatan Rusia yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak pro-Rusia pada bulan Juli tahun lalu, menurut penyelidikan yang dipimpin Belanda.

Terlepas dari pakaian, pria itu juga mencoba menjual di website Marktplaats, paket dari pecahan pesawat Malaysia Airlines dan item lain yang diduga berasal dari pesawat jatuh.

Pria itu mencoba untuk menjual barang-barang itu seharga 1.500 euro ($ 1,600), dengan penagihan sebagai “hiasan dinding” yang terbuat dari jaket dan topi yang diberikan kepada para peneliti, serta pecahan pesawat yang dia katakan adalah “sepotong lambung pesawat”.

Kini polisi sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan, apakah item-item itu, benar-benar datang dari pesawat Malaysia Airlines MH17.

AFP

 Posted by on Desember 1, 2015