Kapal Andalan Angkatan Laut Israel

Alat perang canggih dan mematikan ini merupakan kapal selam yang akan bergerak secara diam-diam di bawah air.

“Dunia lain”, seolah sudah menjadi pemandangan sehari-hari dari Angkatan Laut Israel. Diam-diam, angka pelatihan kapal selam di tubuh Angkatan Laut Israel meningkat tajam dan membuat semakin banyak pelaut yang bisa mengoperasikan kapal selam generasi terbaru Israel ini.

Yang dibicarakan adalah tiga kapal selam diesel-listrik kelas “Dolphin 2” yang memiliki kemampuan bergerak tenang di bawah air. Ketiga kapal selam ini dirancang oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Jerman, khusus untuk Angkatan Laut Israel.

Kapal-kapal selam siluman ini akan memberikan Israel keunggulan dalam operasi-operasi rahasia. “Kontribusi kami selama masa damai adalah dengan menambah jumlah intelijen. Kapal selam merupakan alat mata-mata dan kami tidak bisa mengabaikannya,” tegas Mayor “Y”, seorang komandan pelatihan operasi kapal selam dari basis pelatihan Angkatan Laut Israel.

“Selama masa perang, kapal selam akan menjadi salah satu instrumen jarak jauh angkatan laut. Anda tidak akan tahu dimana kapal selam itu berada dan dimana ia akan menenggelamkan Anda,” tambah Mayor Y dikutip blog IDF.

Proses evaluasi untuk merekrut kru kapal selam ini sangat kompetitif. Dari setiap sepuluh orang yang ingin menjadi kru, hanya satu yang diterima.

Menurut Mayor Y, kapal selam kelas “Dolphin 2” adalah kapal selam konvensional paling mutakhir di dunia, katanya. “Saya pikir kami berada di salah satu tingkat tertinggi untuk operasi yang menggunakan kapal selam, baik dari segi kemampuan maupun kesiapan,” ujar Mayor Y.

Mengabdi di dalam kapal selam merupakan pekerjaan yang sangat rahasia, dan angkatan laut hanya mengungkapkan sedikit kegiatan dari seluruh operasi yang dilakukan. Selalu ada kapal selam di laut. Di mana pun Anda menempatkan jari di peta laut, mungkin ada kapal selam di sana,” tegas Mayor Y.

Catatan : Spesifikasi di atas adalah untuk Dolphin standar (kecuali yang disebutkan Dolphin 2)

Leave a Reply