Menteri Polandia Minta NATO Kerahkan Nuklir

Warsawa – Polandia secara mengejutkan tengah berpikir meminta bantuan NATO, untuk mengamankan wilayah perbatasan mereka, dengan mengerahkan senjata nuklir untuk ditempatkan di wilayah perbatasan.

“Saya berpikir meminta NATO untuk memungkinkan senjata nuklir digunakan di wilayah kami,” kata Menteri Pertahanan Polandia, Tomasz Szatkowski dalam wawancara dengan media setempat, seperti dilansir Reuters, Minggu (6/12).

Ini adalah pertama kalinya seorang pejabat tinggi Polandia membuat pernyataan mengenai keinginan mereka untuk menjadi negara yang menjadi lokasi senjata nuklir NATO.

Namun, tidak lama kemudian Kementerian Pertahanan Polandia langsung mengeluarkan pernyataan yang menuturkan Warsawa belum meminta dan tidak ingin NATO menempatkan senjata nuklir di wilayahnya.

Negara-negara anggota NATO yang tidak memiliki teknologi nuklir sendiri memang dibolehkan untuk “meminjam” senjata nuklir dari negara anggota NATO lainnya. Selain itu mereka juga boleh meminta bantuan kepada Amerika Serikat (AS).

Sindonews.com