7 Pesawat Tempur Yang Bisa Mendarat Vertikal

Warga JakGreat, labgsung aja kita tengok 7 Pesawat Tempur yg bisa mendarat vertikal dan berhenti di udara

Yang Pertama adalah LTv XC-142 buatan AS. Tapi ada juga Varian lain dari VZ-2 dan Mil V-12 buatan Angkatan Bersenjata Rusia. Kalau yg ini sih adalah generasi awal dan belum canggih banget. Biasanya cara kerjanya simpel banget, hanya dengan mengubah arah rotor sayap ke atas dan ke depan.

Umumnya, Pesawat tempur ini digunakan untuk membawa kargo perlengkapan militer ke tempat terpencil. Namun, saat ini LTV XC-142 sudah digantikan oleh Helikopter jenis Osprey dan Valor.

2 HARRIER INGGRIS

Yg kedua adalah Harrier, buatan Perusahaan BAE System dan Hawker Siddeley dari Negara Inggris. Pesawat tempur Harrier adalah Generasi Pertama dari Jet-Jet Militer yg bisa mendarat secara Vertical STOVL (Short Take-Off Vertical Landing ) dan bisa berhenti di udara 

Hal ini dikarenakan Penemuan Mesin Spektakuler yang disebut sebagai Mesin Vectored Thrust Turbofandan Mesin Rolls Royce F402-RR-408 yg disematkan pada Tubuhnya

3.  F-35LIGHTINING

Yang Ketiga adalah “F-35 LIGHTINING”. Nah, kalau ini adalah Penyempurnaan dari Technology HARRIER. F-35 Lighting adalah buatan America dan saat ini menjadi Andalan AS dalam menjaga negaranya. Kehebatannya adalah bisa terbang tepat didepan jendela rumah anda dan bisa kembali melesat ke angkasa dengan sangat cepat tanpa terdeteksi radar. 

 

4. M2-F1(2,3)

Yang keempat adalah M2-F1. Uniknya, M2-F1 tidak didesain buat Militer, anehnya dia ngga punya sayap. Saat ini masih dalam “Pengembangan”. Kemampuannya bisa mendarat vertical, dia juga bisa berhenti di udara dan terbang ke samping kanan kiri, bahkan bisa maju mundur di udara secara gesit, dan juga bisa ngerem di ketinggian 1000 kaki.

5. PHANTOM DARPA
Yg ini dibuat oleh DARPA, (Amerika). Masih belum ada kejelasan yg ini dan masih rahasia. namun bocorannya seperti gambar diatas. terlihat ukuran dan bentuknya mirip seperti Pesawat tempur yg ada di Film Terminator.

6. PANTHER ISRAEL
Lalu, juga ada Panther yg dibuat oleh Israel.

7. PROJECT ZERO

Lalu, yg ini dibuat oleh gabungan Inggris, Jepang, Italia, dan Amerika Serikat.