Terungkap, ISIS Berencana Bangun Sebuah Negara

Dokumen yang berisi rencana kelompok ISIS membangun sebuah negara

ISIS dikenal sebagai kelompok bersenjata yang sangat kejam dan tega membunuh ratusan orang. Namun, pasukan ini rupanya mempunyai rencana besar untuk membangun sebuah negara.

Hal itu diketahui dari sebuah dokumen yang diduga berasal dari internal ISIS. Dilansir dari The Guardian, dokumen setebal 24 halaman itu berisikan rencana matang yang dibuat oleh ISIS.

Pasukan ini ingin membangun sebuah negara dengan institusi pemerintahan yang lengkap termasuk kementerian luar negeri dan keuangan. Dokumen itu juga mengatur soal sistem pendidikan, pengaturan sumber daya alam, kesehatan, industri, hubungan luar negeri, hubungan masyarakat dan pelatihan militer.

Dalam dokumen tersebut juga terungkap ISIS berencana menggunakan anak-anak sebagai tentara untuk pertahanan negara. Anak-anak akan dilatih menggunakan senjata ringan dan yang paling berprestasi dari mereka akan ditugaskan di pos pemeriksaan dan patroli.

Jenderal Stanley McChrystal mengungkap jika dokumen tersebut harus dibaca oleh negara-negara Barat agar tidak salah memilih strategi. “Jika melihat ISIS hanya sebagai kelompok pembunuh yang psikopat, maka kita terlalu menyepelekan mereka,” ujar McCrystal.

Dokumen tersebut kabarnya dibocorkan oleh pengusaha yang bekerja di wilayah yang dikuasai ISIS. Identitas pengusaha tersebut dirahasiakan demi keamanan. Hingga kini pengusaha itu kini telah membocorkan sekitar 30 dokumen.