Game Unreal Engine 4 Dimanfaatkan Militer Amerika

Unreal Engine 4

Selain dimanfaatkan oleh para developer untuk mengembangkan sebuah video game, ternyata game engine juga berguna untuk keperluan militer. Unreal engine 4 yang merupakan salah satu game engine paling mutakhir saat ini kabarnya digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk membuat sebuah sistem simulasi militer.

Untuk menciptakan sistem simulasi tersebut, Epic Game selaku kreator dari Unreal Engine 4 dikabarkan bekerjasama dengan sebuah perusahaan pengembang software bernama Soar Tech. Dr. Michael van Lent selaku Chiev Executive Soar Technologi menyatakan jika pemilihan Unreal Engine 4 untuk projek kali ini dikarenakan game engine tersebut mampu menghasilkan kualitas grafis yang sangat nyata. Jika projek simulasi ini berhasil, maka para militer Amerika Serikat pun dapat menggunakannya untuk keperluan latihan.

Sebenarnya sebelum Unreal Engine 4 lahir, generasi pertama dari game engine ini juga sudah dimanfaatkan untuk keperluan militer Amerika Serikat di tahun 1990 silam. Selain itu, Epic Games juga pernah menggunakan Unreal Engine generasi ke 3 untuk membuat sebuah sistem simulasi perang bernama America’s Army Shooter. Sistem simulasi tersebut digunakan pihak militer untuk melakukan penyaringan terhadap para calon tentara Amerika Serikat.

Selain digunakan untuk keperluan militer, Unreal Engine 4 ini juga ternyata sedang dikembangkan untuk keperluan simulasi kedokteran dan juga film.