India Rusia Pangkas Waktu Produksi Suku Cadang SU-30 MKI

SU-30 MKI India

Moskow – India dan Rusia akan menandatangani pakta pengiriman cepat suku cadang untuk armada pesawat SU-30 MKI untuk memastikan jumlah pesawat India yang siap untuk bertempur. Perjanjian ini akan mengurangi jumlah waktu bagi fighter garis depan India digrounded karena masalah teknis. Perjanjian kesediaan suku cadang dalam jangka panjang akan memberikan proses pengiriman yang cepat untuk suku cadang armada SU-30MKI dalam lima tahun ke depan.

Di masa lalu, proses birokrasi yang rumit menyebabkan butuh waktu 12 bulan sejak pengajuan kebutuhan suku cadang diterbitkan hingga suku cadang tersebut mulai digunakan. Dengan perjanjian baru ini, waktu pesanan bisa dipotong 30 hari.

Dengan situasi ini ketersediaan armada SU-30 MKI India meningkat menjadi 60 persen atau lebih tinggi lagi. Tingkat ketersediaan adalah jumlah pesawat di seluruh armada yang tersedia untuk misi tempur pada waktu tertentu.

Saat ini, hanya sekitar 50 persen armada SU-30 MKI India yang siap melakukan misi tempur, dan sisanya dalam perbaikan atau digrounded menunggu suku cadang yang akan dating. Total jumlah SU-30 India sebanyak 272 unit.

Dengan kontrak baru ini, suku cadang pesanan Indian air force akan dikirim dalam kurun waktu 4-12 bulan, tergantung waktu pengerjaan suku cadang tersebut. Sekarang dibutuhkan 12 bulan, untuk seluruh proses. Dengan perjanjian dan aturan baru ini, setidaknya proses pesanan suku cadang tersebut, terpangkas satu bulan, ujar After Sale Center Director Sukhoi, Viacheslav Yu Lozan.

Economictimes.indiatimes.com