AS Sukses Ujicoba Rudal SM-3 Block IIA

Penembakan Rudal SM-3

California – Badan Pertahanan Rudal Amerika Serikat sukses melakukan ujicoba kedua, rudal SM-3 (Standard Missile-3) Block IIA di California.

Selama uji terbang, rudal SM-3 Blok IIA diluncurkan dari peluncur MK 41 di fasilitas Point Mugu Sea Range, U.S. Navy di Saint Nicolas Island, California. Target mencegat tidak termasuk dalam skenario pengujian.

Ujicoba ini untuk mengevaluasi hulu ledak kinetik rudal SM-3 Blok IIA, fungsi sistem kontrol, kontrol fungsi kemudi, pemisahan booster, dan tahap pemisahan roket bermotor kedua dan ketiga.

“Program SM-3 Blok IIA terus mencerminkan komitmen MDA untuk meningkatkan kemampuan pertahanan bangsa kita, dan sekutu kami di luar negeri,” kata Dr Taylor W. Lawrence, Presiden Raytheon Missile Sistem. “Keberhasilan tes ini menunjukka program memang on the track untuk penyebarannya di laut dan darat pada tahun 2018 ”

Rudal SM-3 Blok IIA adalah rudal tiga tahap yang dirancang mencegat ancaman rudal balistik di atas atmosfer bumi. Rudal itu diklaim mampu menghancurkan rudal balistik karena dilengkapi hulu ledak kinetik yang bisa bertabrakan dengan ancaman hulu ledak rudal balistik musuh pada kecepatan yang sangat tinggi.

Raytheon