Sep 302017
 

Pesawat Siluman F-35 (Lockheed Martin)

Bayangkan terbang hampir tidak terdeteksi dengan pemandangan 360 derajat di sekitar Anda …

Dengan sistem penargetan dan radar yang canggih, membantu Anda mengidentifikasi dan menghadapi ancaman udara dan darat …

Dan dengan datalinks yang aman, memungkinkan Anda berbagi informasi di seluruh jaringan Anda-di darat, di udara dan di atas lautan.

Hanya ada satu tempat di bumi ini yang memungkinkannya: kokpit F-35 Lightning II.

Simak enam hal yang perlu diketahui tentang pesawat tempur generasi kelima yang paling maju di dunia ini.

1. Kemampuan Terbang tidak terdeteksi

Pesawat Siluman F-35 (Lockheed Martin)

Tidak terdeteksi Tidak terlacak. Tak terlihat Inilah beberapa kata yang muncul dalam pikiran saat kita mendengar kata siluman. Pesawat canggih F-35 memberikan akses tak tertandingi bagi pilot di area yang dipertempuran dimana pesawat generasi ke 4 lainnya dapat dengan mudah dideteksi oleh radar musuh.

Jadi apa yang tersembunyi, benarkah? Ini adalah kemampuan untuk menghindari deteksi oleh radar dan sensor. Bentuk F-35, bahan bakar internal dan gerbong senjata, sensor sistem misi dan lapisan siluman canggih semuanya memainkan peran kunci dalam menjaga kekuatan tersembunyi F-35.

2. Komunikasi lewat jaringan yang aman

Pesawat Siluman F-35 (Lockheed Martin)

Di dunia sekarang ini, kita tetap terhubung dengan jaringan kita setiap saat. F-35 tidak berbeda. Dilengkapi dengan suite sistem misi yang canggih, ini memungkinkan komunikasi tanpa batas di seluruh armada di setiap battlespace. Sistem fusi sensor canggih F-35 mengumpulkan informasi dari beberapa sensor on-board pesawat untuk menciptakan satu gambar terpadu medan perang.

Melalui datalinks yang aman, data ini secara otomatis dibagi dengan pilot lain dan pusat operasi komando dan kontrol, membantu tidak hanya pilot F-35, tapi juga semua kekuatan sekutu.

3. Mencari Target dengan Laser Presisi

Pesawat Siluman F-35 (Lockheed Martin)

Di arena pertempuran yang semakin menantang, Sistem Penargetan Elektro-Optik F-35 (EOTS) memberikan kemampuan penargetan udara-ke-udara dan udara-ke-darat yang tepat kepada pilot. Sistem ini memungkinkan awak pesawat untuk mengidentifikasi area yang diminati, melakukan pengintaian dan secara tepat memberikan senjata laser dan GPS.

4. Big Data memenuhi kebutuhan Air Superiority

Pesawat Siluman F-35 (Lockheed Martin)

Untuk lima dekade ke depan, armada global lebih dari 3.000 pesawat F-35 akan terbang ke langit. Dengan siklus hidup dan operasi yang panjang di 12 negara, mempertahankan pesawat ini secara efisien dan efektif merupakan fokus utama program F-35.

Di situlah Autonomic Logistics Information System, yang lebih dikenal dengan ALIS, masuk. ALIS bertindak sebagai pusat saraf informasi F-35, menyediakan platform komprehensif yang mengubah sejumlah besar data menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti. ALIS menghubungkan informasi pemeliharaan, pasokan, dan penyelamatan F-35 ke dalam satu alat manajemen tunggal yang memungkinkan para pembuat warfighter membuat keputusan proaktif untuk menjaga agar misi F-35 tetap berjalan.

5. Real Time Virtual Reality

Pesawat Siluman F-35 (Lockheed Martin)

Helm F-35 membawa realitas maya ke tingkat berikutnya. Melalui Distributed Aperture System (DAS), resolusi tinggi, gambar real-time dialirkan dari enam kamera inframerah yang terpasang di sekitar pesawat terbang, langsung ke pilot visor.

Pilot melihat segala sesuatu yang menjadi perhatiannya di tanah dan ke cakrawala, bahkan sampai pada titik di mana dia dapat ” “see through” pesawat, dengan garis pandang 360 derajat di sekitarnya.

6. 3 Misi 1 Jet

Pesawat Siluman F-35 (Lockheed Martin)

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, Lockheed Martin merancang tiga varian F-35: F-35A, F-35B dan F-35C. Ketiganya adalah jet tempur stealth supersonik yang dilengkapi dengan avionik canggih, mereka dibedakan dengan persyaratan unik dari masing-masing basis yang akan mereka operasikan.

F-35A dirancang untuk beroperasi dari landasan pacu konvensional dan melakukan pertarungan udara-ke-udara dan udara-ke-darat tradisional. F-35B lepas landas pendek dan varian pendaratan vertikal dirancang untuk beroperasi di lingkungan yang keras dan kapal induk. Dan F-35C, pesawat tempur siluman Angkatan Laut A.S. yang pertama, dirancang dan dibangun untuk operasi di kapal induk. (Lockheed Martin).

 Posted by on September 30, 2017