Oct 182014
 

6 menteri mendapatkan brevet Hiu Kencana

6 menteri mendapatkan brevet Hiu Kencana (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio menyematkan brevet Hiu Kencana kepada 5 menteri dan 1 pejabat setingkat menteri yang dianggap sebagai figur pendorong kelancaran tugas-tugas pokok TNI AL, khususnya terhadap pengadaan kapal selam atau alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Penyematan tersebut diberikan kepada Menteri Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, serta Kepala BIN Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman, yang dilaksanakan di perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dengan menggunakan Kapal Selam KRI Nanggala-402.

Menurut KSAL Laksamana TNI Marsetio, penyematan brevet kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan, rasa terima kasih dan penghargaan dari jajaran TNI AL kepada mereka dalam upaya turut serta membesarkan dan memajukan TNI AL, terutama, berpartisipasi demi kemajuan pengembangan kapal selam ataupun alutsista, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Dengan diangkatnya keenam menteri tersebut sebagai warga kehormatan kapal selam, maka hingga saat ini sudah ada 142 pejabat yang diangkat menjadi warga kehormatan kapal selam dan berhak menerima brevet kehormatan Hiu Kencana,” tuturnya di Koarmatim Surabaya, Sabtu (18/10/2014).

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan, untuk menjaga laut Indonesia yang luasnya 5,8 juta kilometer persegi, maka TNI AL harus mempunyai lebih banyak kapal selam atau alutsista.

“TNI AL harus diberikan lebih banyak alutsista, supaya bisa menjaga dan mempertahankan laut Indonesia,” kata Sharif.

 

Brevet Hiu Kencana merupakan simbol pengakuan terhadap profesionalisme prajurit kapal selam, dalam taktik dan teknik peperangan bawah permukaan laut, yang dapat menumbuhkan kebanggaan dan jiwa korsa bagi para pemakainya.

Sedangkan KRI Nanggala-402 mencatat keberhasilan dalam penugasannya antara lain saat terlibat dalam latihan bersama US Navy dengan nama sandi Cooperation Afloat Readiness dan Training (CARAT-8/02) yang diadakan di perairan Laut Jawa dan Selat Bali 27 Mei-3 Juni 2002.

KRI Nanggala-402 juga terlibat dalam latihan operasi laut Gabungan (Latopslagav) XV/04 di Samudera Hindia 8 April hingga 2 Mei 2004. Kapal Selam yang ditenagai oleh mesin diesel elektrik dan memiliki kecepatan 21,5 Knot ini juga berhasil menenggelamkan eks KRI Rakata sebuah kapal tunda samudera buatan 1942 dengan Torpedo SUT. (news.liputan6.com)

 Posted by on October 18, 2014

  57 Responses to “6 Menteri Dapat Penghormatan Brevet Hiu Kencana di Kapal Selam”

  1. Mantap

    • Mau bilang hoax hoex…ane haqul yakin 100% NKRI punya lebih dari 2 kapal selam(bukan cuma cakra & nanggala)…

      mau bukti
      *kapal perang malay tunggang langgang terbirit birit melihat bayangan kapal selam kita.
      *dicabutnya tiang pancang di tanjung datuk.

      Hidup TNI AL…
      Hidup HIU KENCANA
      Hidup NKRI… …

    • Datanglah bung ps sesaji dah lengkap para warga sudah duduk rapi menanti wejangan bung ps..

    • Mumpung Jerman lagi resesi dan obral alutsista, ayo ambil semua kasel yang mau dipensiun dini. Wujudkan NKRI sebagai negara maritim yang aman krn banyak hantu laut yang jaga. Kasel Made in Jerman, terbukti strooooong.ngarep.com

  2. Pertamax..cihui.. Ayo Pung PS DatangLah….!

  3. Ini jet tempur apa ya mungkin sesepuh ada yang tau :

    http://img.xinjunshi.com/uploads/allimg/201103/20110307145203463.jpg

  4. Jadi pengen naik q hikz

    😀

  5. Bung coto makassar….

    itu pesawt model opo kok blendek kyak ikan Paus…. 😀

  6. Mantaplah

  7. 8…mantap. dan bravo TNI AL

  8. Ayo ndang dimulai bakar menyan e… 🙂

  9. Pas SEPULUH

  10. Up

  11. itu mentri perdagangan.. jasa nya apa hayo.
    jual beli lontong kali ya.

  12. ada apa ya? akhir2 ini sering ngajak naik Sukhoi ama KS xixixixi :mrgreen:

    kali kali ajak naik kilo napa :mrgreen:

  13. Cakra sakit, nanggala buat dipamerin.
    Gmn nich TNI, yg jaga alur laut/perbatasan laut dll siapa ya!!!!
    He he he pasti hantu laut kita yg jaga……
    Cluenya udah terlalu byk….

  14. Kasel 401 dan 402 specialis pengambilan brevet, kunjungan pejabata PEMDA dan parade 🙂
    Kalo spesialis ghaib2x terntunya KRI Ratu Kidul

  15. Bung PS muncul dong mau nanya nih..
    Utk Kepala BIN kira2 jasanya apa, dlm pengadaan Kasel TNI AL…???

    Trima kasih sebelumnya buat bung PS..
    Salam NKRI

  16. Perlu nyiapin sajen neh biar bung ps muncul dr pertapaannya
    Xixixi

  17. koq makin sepi ja ni warjag,.. ayo para sesepuh kluar donk hehe

  18. jadi kapal selam kita gunanya sebagai wahana permainan para pejabat ???

    • bung WKL……bukan bung…..itukan ceremony untuk pejabat yang menurut TNI AL berjasa untuk kemajuan alutsista….jaddi diberikan penghargaan dan diangkat jadi warga kehormatan dari korps HIU KENCANA ya otomatis pembaretannya di dalam KS….sama seperti beberapa perwira yang dinobatkan jadi warga kehormatan MARINIR…otomatis pembaretannya di markas marinir bung atau pada moment tertentu yang berhubungan dengan kesatuann itu……bukan buat mainan pejabat…kan tidak ada salahnya juga pejabat yang mendorong kemajuan alutsista kita ikut merasakan berlayar di dalam KS….atau joy flight with flanker……( sya aja ngiler pengen ngerasain berlayar di bawah laut )

      maaf lo bung hanya analisa seorang sales ini……lebih lengkapnya biar sesepuh yang nambahin……

  19. Bukan bung itu bukan rafale , apalagi mirage , apa kira2 hayooo?

  20. Selamat dan semoga ks yg baru dibeli digunakan sebaik mungkin untuk mencabut nyali negara musuh

  21. Menyimak aja…

  22. dua tahun berturut-turut pemberian brevet hiu kencana terkait operasional ks. ada apakah gerangan?

  23. KS kita banyak.. nolamnya cuma dua, 401 dan 402.. tp serinya yg lebih dr dua. Jayalah Indonesiaku!

    • Iya bung pamungkas, sama aye juga bingung :mrgreen:

      Coba dh perhatikan postingan2 dari yg awal ampe yg ini foto2 402 bnyk keanehan2, antaranya disaat yg hampir bersamaan lambung 402 kadang penyok2 kusem kadang alus2 mulus ,hehehehe

      Maaf klo salah …

      Salam tabik buat bung @ps

      • Bung Military, kayaknya awak KS kita bisa Ketok Magic. Jadi biarpun penyok2, di Ketok sebentar besoknya sudah mulus lagi. Makanya Foto yang ada selalu berubah 🙂 salam kenal

  24. Wah … Bung PS belum juga keluar neh …

  25. Hehehe… Sedang sibuk sekali saya untuk besok.. Monggo dianalisa saja, saya sudah memberikan banyak sekali clue di warjag kok hehehe… :mrgreen:

  26. dalam rangka apa ya kira2 dapat brevet?

  27. http://mob.asatunews.com/sosial/2014/10/19/seskab-terima-brevet-kehormatan-hiu-kencana

    Coba perhatikan interior kapal selamanya 🙂 sptnya kapal selam terbaru dan termutakhir

  28. Smoga aja tu amur class

  29. semoga CBG lebih mutakhir nantinya

 Leave a Reply