6 Pesawat Serang Terbaik Yang Menjadi Legenda

Sejarah penerbangan sebenarnya sudah berlangsung selama ribuan tahun, tetapi pada generasi modern, manusia telah mengembangkan teknologi yang memungkinkannya tidak hanya terbang, tetapi juga bertempur dan menghancurkan.

Dengan desain aerodinamis yang luar biasa, pesawat kini mampu melesat hingga berkali lipat dari kecepatan suara. Selain itu pesawat juga semakin dilengkapi dengan beragam senjata yang mematikan dan menghancurkan, yang telah mengubah sejarah peperangan selamanya.

Dan di bawah ini adalah daftar 6 pesawat serang terbaik yang bukan hanya mampu mengubah jalannya pertempuran udara tetapi juga menjadi legenda.


Su-27 (foto : Common Wikipedia)

1. Su-27 Flanker
Sukhoi Su-27 Flanker adalah pesawat tempur modern sejati. Diciptakan oleh Uni Soviet untuk menyaingi pesawat tempur F-15 Eagle selama Perang Dingin, dan akan menjadi salah satu jet tempur paling mengesankan di abad ke-20.

Kombinasi dari rudal Archer AA-11 dan sistem Helmet Mounted Sight membuatnya menjadi ancaman yang sangat serius bagi pesawat tempur Barat. Su-27 kini terus berevolusi “hemat” hingga menjadi varian Su-27SM dan Su-35.

Dibangun untuk superioritas udara, Su-27 dan beragam variannya, memiliki fleksibilas peran superioritas udara, buru sergap dan serang darat yang hingga kini banyak menjadi andalan negara-negara di dunia.


F-4 Phantom Marinir AS (foto : Common Wikipedia)

2. F-4 Phantom

F-4 Phantom mungkin bukan hanya salah satu pesawat tempur paling multi guna yang pernah dibuat, tetapi juga buruk pada awal kemunculannya selama Perang Vietnam. Phantom awalnya mungkin dirancang untuk mencari masalah, hanya mampu terbang rendah dan lambat, membuat penerbangannya selalu menyalakan sistem baterai pertahanan rudal SAM musuh

Versi awal F-4 bahkan tidak memiliki senapan mesin – hanya dilengkapi rudal AIM-9 Sidewinder dan senjata nuklir, namun versi termutakhir Phantom akhirnya menjelma sebagai pesawat tempur multi-peran yang kuat dan tangguh, dan hingga kini masih menjadi andalan beberapa negara.


F-117 Night Hawk (foto : Common Wikipedia)

3. F-117 Nighthawk

Teknologi pesawat siluman sebenarnya telah dieksplorasi sejak Perang Dunia II. Terselubung penuh kerahasiaan selama pengembangannya, F-117 dirancang untuk mampu menyerang target strategis bernilai tinggi tanpa terdeteksi oleh radar musuh. Pada tahun 1981, F-117 menjadi satu – satunya pesawat siluman yang beroperasi di dunia.

Pada 1999, AS kehilangan satu F-117 yang ditembak jatuh di Yugoslavia. Insiden yang masih penuh misteri, tetapi diketahui F-117 terjatuh dalam kondisi masih utuh, yang menjadi incaran Rusia dan China yang berhasrat memiliki teknologi siluman.

F-117 terus terlibat dalam pertempuran selama dua dekade dan ikut membuka jalan bagi lahirnya pesawat tempur siluman generasi ke-5 berikutnya.


F-18 Hornet (foto : Common Wikipedia)

4. F / A-18 Hornet
F / A-18 Hornet adalah pesawat tempur serbaguna pertama kali yang dirancang untuk dapat melakukan misi pertempuran udara ke udara dan udara ke darat, menjadikannya sebagai fighter andalan yang bertugas di kapal induk Angkatan Laut dan Korps Marinir AS.

Hornet dapat berganti peran dengan mudah, seperti yang dilakukannya selama Perang Teluk ketika berhasil menembak jatuh dua MiG-21 Irak dalam mode tempur udara dan kemudian menghancurkan target darat dalam mode serangan permukaan.


F-15 Eagle (foto : Common Wikipedia)

5. F-15 Eagle

F-15 Eagle membukukan rekor tak terkalahkan dalam pertempuran udara-ke-udara, bahkan meski menggunakan desain yang sama yang berasal dari tahun 1970-an.

Desainnya yang abadi dapat dikaitkan dengan akselerasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan kemampuan manuver yang fleksibel dan kemampuan persenjataan yang mengesankan.

Rasio dorong dibanding berat dan pembebanan sayap yang rendah memungkinkan Eagle untuk berbelok tajam tanpa kehilangan kecepatan udara dengan kecepatan tertinggi di atas Mach 2.5 menjadikannya pesawat tempur AS pertama yang mampu melakukan akselerasi vertikal terkuat dan tercepat.

Dilengkapi dengan rudal berpandu radar AIM 120-D AMRAAM – dikombinasikan dengan kemampuan superioritas udara, hingga kini belum pernah ada musuh yang mampu menjatuhkan F-15.


F-22 Raptor (foto : Common Wikipedia)

6. F-22 Raptor

F-22 Raptor adalah pesawat tempur dominasi udara yang paling kuat di dunia. Raptor memiliki kemampuan bertempur yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan sistem avionik terpadu, dan kesadaran situasional di medan perang, serta teknologi siluman yang melindunginya, menjadikannya sebagai pesawat tempur siluman terbaik didunia.

Dalam peran pertempuran udara ke udara, Raptor membawa enam rudal AIM 120 AMRAAM dan dua AIM-9 Sidewinder, sedangkan dalam perang udara-ke darat dapat membawa dua bom GBU-32 JDAM.

Mesin F-22 yang kuat dan desain aerodinamis ramping memungkinkannya untuk melesat dengan kecepatan supersonik tanpa menggunakan afterburner, dan kontrol penerbangan serta kemampuan manuvernya hingga kini tak tertandingi oleh pesawat tempur lainnya.

Tinggalkan komentar