Light Helikopter Turki Gunakan Mesin Sama dengan T129

T129 Turki

Ankara – Turki Aerospace Industries (TAI) telah menandatangani perjanjian dengan Rolls-Royce dan Honeywell untuk meng-akuisisi mesin yang akan memperkuat helikopter ringan yang dikembangkan perusahaan Turki, 9/12/2015.

Rolls-Royce dan Honeywell masing-masing memiliki 50 persen saham dalam Light Helicopter Turbine Engine Company (LHTEC), usaha patungan yang memasok mesin turboshaft CTS untuk program light utility helicopter Turki.

Perjanjian tersebut menegaskan nota kesepahaman yang ditandatangani pada tahun ini Paris Air Show. Perjanjian ini terdiri dari program pembangunan lima tahun untuk mengintegrasikan dan mengesahkan model mesin CTS800-4AT di platform helikopter ringan serbaguna Turki. Perjanjian ini diharapkan dapat menghasilkan produksi helikopter untuk pasar militer dan sipil di Turki, serta global.

Rilis berita mengatakan LHTEC berencana untuk memproduksi dan melakukan pemeliharaan mesin tersebut di Turki.

“Kesepakatan ini akan memberikan kekayaan kerja dan manfaat untuk industri kedirgantaraan Turki,” kata Daryl Mastin, presiden LHTEC. “LHTEC berkomitmen untuk bekerja sama dengan perusahaan lokal Turki untuk memproduksi mesin CTS800 serta membangun depot lokal dengan kemampuan pemeliharaan dan perbaikan mesin untuk mendukung armada masa depan.

Untuk pengiriman tahun 2020, TAI sedang merancang helicopter berbobot lima ton, twin-engine utility helicopter yang dilengkapi dengan mesin CTS800. Mesin yang sama juga dipakai oleh helikopter serang T129 buatan TAI yang co-produksi dengan AgustaWestland, buatan Italia-Inggris.

Defensenews.com