Inggris Butuh P8 Poseidon untuk Lacak Kapal Selam Rusia

Boeing P-8 Poseidon

Washington – Inggris menginginkan pasokan pesawat mata-mata Boeing P-8 Poseidon Amerika Serikat dipercepat sampai ke Inggris, untuk melawan pergerakan kapal selam Rusia. Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon di AS, 11/12/2015, saat bertemu dengan dengan Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter. Keduanya secara serius membahas perecepatan pasokan pesawat P8 ke Inggris.

“Karena kita perlu. Meningkatnya aktivitas kapal selam Rusia dan pengembangan penerusnya, kita perlu meningkatkan kemampuan secepat yang kami bisa,” ujar Fallon sebelum pertemuannya dengan Carter, seperti dikutip Sputnik, (12/12/2015).

Pada akhir November lalu, media-media Barat melaporkan Inggris dan sekutu NATO lainnya, Prancis dan Kanada telah memburu satu kapal selam Rusia yang menyusup ke lepas pantai Skotlandia. Kapal selam Rusia itu sempat muncul di dekat pangkalan militer HM Naval Clyde di dekat Glasgow.

Pemerintah Inggris juga pernah menuduh Rusia berpotensi mengerahkan kapal selamnya ke wilayah maritim Inggris. Pada akhir Mei 2015, Angka Angkatan Inggris melaporkan bahwa Angkatan Laut Rusia sedang memantau kapal selam Trident di Clyde.

Sebanyak sembilan pesawat Boeing P-8 Poseidon diharapkan segera dikirim ke Inggris hingga tahun 2020 untuk melengkapi peralatan militer negara itu.

Sindonews.com