Tank dan Kendaraan Taktis TNI Mejeng di Mall Bandung

Ada suasana berbeda di kawasan mal di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (14/12/2015). Banyak benda-benda yang tak wajar terpakir di halaman parkir di kawasan pusat perbelanjaan, hotel, dan wahana permainan itu.

Sejumlah tank dan kendaraan taktis milik TNI parkir berjejer. Selain itu sejumlah senjata berat pun terpasang di sudut tertentu. Akan tetapi perlengkapan dan persenjataan militer itu bukan untuk dijual ataupun bersiap-siap untuk perang.

Perlengkapan dan persenjataan itu sengaja dipamerkan untuk mendekatkan TNI dan masyarakat. Selain itu juga masyarakat perlu mengetahui dan mengenalkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Berbagai alutsista TNI yang dipamerkan, yakni berbagai jenis tank, meriam, peluncur rokte, alat penjinak bom, pos komando mobil, senjata infantri, dan lainnya. Tak hanya itu, dalam pameran itu juga dipamerkan senjata dan video rekaman mengenai perjuangan rakyat Indonesia pada masa penjajahan.

Informasi yang dihimpun Tribun, pameran itu untuk memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2015. Pameran itu digelar hingga 16 Desember 2015. Adapun peralatan dan perlengkapan yang dipamerkan itu dari setiap kesatuan dan jawatan di lingkungan Kodam III/Siliwangi.

“Alhamdulillah saya bisa pegang senjata dan bergaya bawa senjata beneran. Tidak cuman lihat dari foto atau televisi,” kata Taufik Muharam (40), warga RT 2/3, Perumahan Bumi Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin (14/12/2015).