Kapal Perang Rusia Berikan Tembakan Peringatan ke Kapal Turki

Ketegangan antara Rusia dan Turki masih belum berakhir. Bahkan baru-baru ini, konflik baru muncul.

Kapal perang Rusia melepaskan tembakan peringatan ke sebuah kapal Turki di Laut Aegean. Pihak Rusia menyebutkan jika tembakan itu dilakukan demi menghindari terjadinya tabrakan. Mereka juga telah memanggil perwakilan militer Turki terkait insiden itu.

“Diplomat militer Turki diberi penjelasan tentang konsekuensi dari tindakan sembrono Ankara kepada kontingen militer Rusia yang tengah melawan terorisme internasional di Suriah,” ujar Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir dari Reuters. “Kami sangat prihatin soal provokasi berlebihan dari Turki terhadap kapal perusak Rusia Smetlivy.”

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya menyebutkan jika kapal penangkap ikan Turki tidak menangkap peringatan yang dikeluarkan kapal Smetlivy. Hanya setelah dilepaskan tembakan peringatan kapal itu baru mengubah arah. Sementara jarak kedua kapal itu sudah berjarak 500 meter saja.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, yang sedang menghadiri diskusi tentang Libya di Roma mengungkap jika pemerintah akan menyelidiki kasus ini lebih lanjut. Jika sudah diketahui informasinya secara pasti, mereka baru akan mengeluarkan pernyataan lebih lanjut.

Cavusoglu juga mengungkap jika Turki ingin mengakhiri ketegangan dengan Rusia. “Kami ingin menyelesaikan ketegangan dengan dialog,” ujarnya seperti disiarkan oleh TRT Turk.