Israel Juga akan Beli Pesawat F-35B

F-35

Israel sedang melakukan pembicaraan dengan AS tentang rencana akuisisi skuadron jet tempur F-35B. Diskusi tentang paket baru jangka panjang AS untuk Israel, mulai tahun 2016, dan telah diperluas untuk mencakup kemungkinan akuisisi jet berkemampuan takeoff/vertical landing, F-35B Lighting II, buatan Lockheed Martin.

Israel telah membeli 33 pesawat tempur take-off konvensional F-35A, dan memiliki opsi untuk membeli 17 lagi, untuk menjadi dua skadron F-35.

Menteri Pertahanan Israel Moshe Ya’alon dan Menteri Luar Negeri AS Ash Carter membuka pembicaraan pada bulan Oktober lalu sebagai paket pertahanan Washington untuk Israel selama dekade berikutnya, sebagai imbalan dari kesepakatan nuklir Iran yang tercapai pada Juli 2015.

Israel tertarik untuk meningkatkan kemampuan ofensif Israel Defence Force (IDF) dan mempertahankan keunggulan kualitatif dalam menghadapi peningkatan ancaman regional, kata Ya’alon.

Pada bulan April, para pejabat Lockheed Martin mengunjungi Israel dan mengatakan pesawat multi-peran generasi kelima F-35 akan mulai tiba di Israel pada akhir 2016, dengan dua yang pertama tiba di Pangkalan Udara Nevatim, dekat Beersheba, Desember mendatang.

Para pejabat mengatakan Israel akan menjadi yang pertama yang menerima jet F-35 di luar Amerika Serikat.

F-35B yang menggunakan sistem penggerak Rolls-Royce dan mesin yang bisa berputar memungkinkannya mendarat vertikal dan lepas landas jarak pendek.

Pesawat F-35B pertama kali operasional dan ditempatkan di Marine Station Corps Air, Yuma, Arizona, dan Marine Corp Station Air Beaufort, Carolina Selatan, di mana tempat pelatihan F-35B berlangsung.

Jpost.com