AS Minta Turki Serius Perangi ISIS

F-16 Turki di Incirlik AFB

Washington DC – Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter mendesak Turki berbuat lebih banyak dalam memerangi kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Turki dapat berkontribusi banyak, kita mengapresiasi apa yang telah mereka lakukan. Kita berharap mereka dapat berbuat lebih,” ucap Carter, Selasa (15/12/2015) dalam kunjungannya ke pangkalan militer Incirlik, Turki.

Carter mendesak agar pemerintah Turki bekerja lebih keras untuk mengamankan perbatasannya dengan Suriah.

Truk Minyak ISIS yang dihancurkan pesawat Rusia saat akan masuk ke Turki

Perbatasan darat ini diduga sering digunakan ISIS untuk perdagangan gelap dan sebagai pintu keluar masuk calon-calon pejuang yang direkrut kelompok teroris itu.

Menhan yang berusia 61 itu juga menilai Turki dapat bergabung dengan mengirimkan lebih banyak pasukannya baik secara darat maupun udara.

Turki sendiri telah berkali-kali menjadi sorotan karena dinilai tidak serius memerangi ISIS. Sejumlah tuduhan muncul bahwa Turki punya “hubungan khusus” dengan kelompok itu.

Bahkan Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperoleh keuntungan finansial dari perdagangan minyak dengan ISIS. Tuduhan ini dibantah oleh Erdogan.

Kompas.com